Begini Cara Membuat Roti Genit

38

BEGINI.ID –

Bahan-bahan

 16 buah

  1. 230 gr terigu Cakra
  2. 30 gr terigu Kunci
  3. 50 gr gula pasir
  4. 3 gr ragi
  5. 150 ml cairan (1 butir telur + susu cair
  6. 30 ml whipcream (aku ganti susu cair karena gak ada)
  7. 30 butter
  8. Sejumput garam
  9. Isian roti, aku pakai silverqueen isinya
  10. Sedikit terigu serbaguna untuk taburan

Langkah

  1. Siapkan seluruh bahan
  2. Aduk rata, susu cair dan telur, kalau pakai whipcream berarti sama whipcreamnya. Campur rata semua terigu dengan gula pasir dan ragi.
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit bahan cair ke campuran terigu sambil diuleni, aku pakai mikser kecil, hingga setengah kalis. Masukkan butter dan garam, mikser lagi hingga kalis elastis, kalau ditarik sampai tipis adonan tidak robek. Bulatkan adonan, tutup baskom dengan plastik, diamkan hingga mengembang dua kali lipat, aku sekitar 50 menit.
  4. Kempiskan adonan, bagi menjadi 4 bagian, beri warna, nah ini perjuangan aku dimulai, karena ternyata pewarna di rumah bahan cair semua, tapi bisa juga meski jadinya agak marble.😊 Tiap warna dibagi menjadi 4 bagian, isi dengan isian, lipat, tata di loyang yang telah dialas kertas roti. Biarkan hingga mengembang lagi, aku sekitar 15 menit.
  5. Setelah roti mengembang taburi terigu dengan menggunakan ayakan, tipis saja. Panggang di oven dengan suhu 180 dercel yang telah dinyalakan 10 menit sebelumnya. Panggang selama 15-20 menit.