Begini Cara Membuat Onion Ring Siram Saus Margherita

35

BEGINI.ID –

Bahan-bahan

  1. 1 buah bawang bombay
  2. 1 sdm tepung terigu untuk baluran
  3. Bahan pencelup :
  4. 2 sdm tepung terigu
  5. 20 ml air
  6. 1 butir telur ayam, kocok asal
  7. Bahan Pelapis :
  8. 1 bungkus tepung bumbu serbaguna (80gr)
  9. 2 sdm tepung panir
  10. Bahan Pelengkap :
  11. Saus margherita (lihat resep)

Langkah

  1. Potong melintang bawang bombay, lepaskan 1 per 1 hingga membentuk ring, taburi tepung terigu.
  2. Siapkan bahan pencelup dan pelapis pada wadah berbeda, sisihkan.
  3. Celupkan bawang bombay pada bahan pencelup.
  4. Gulingkan pada bahan pelapis. Jika ingin lebih tebal, lakukan 2x.
  5. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan dengan disiram saus margherita
  7. Materi hari pertama #CommunityClass #BerkebunBersamaEcy adalah “Budidaya Bombay Sederhana secara Konvensional dan Hidroponik”. Saya pilih cara konvensional, yaitu memakai media tanam tanah. Tugas yang diberikan adalah pembibitan bawang bombay/bawang merah. Caranya pilih bawang yang mulus, kering, dan tua, yang sudah terlihat calon akarnya. Lalu potong 1/4 bagian ujung bawang bagian atas hingga terlihat lapisan dagingnya. Biasanya sudah terlihat calon tunas seperti pada gambar.
  8. Siapkan pot/polibag/gelas bekas air mineral/tryseed dll, lalu lubagi bagian bawahnya. Kemudian isi bagian dasar pot dengan kerikil, lalu tambahkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Langkah selanjutnya benamkan 1/2 bagian umbi ke media tanam, agak ditekan perlahan agar umbi dpt terbenam. Lalu siram sekeliling permukaan media tanam, hati2 airnya jangan sampai terkena umbi karena bisa menyebabkan umbi busuk.
  9. Letakkan media tanam ditempat yang teduh, usahakan tidak terkena sinar matahari langsung atau hujan. Siram umbi sehari 2x, yaitu sebelum jam 9 pagi dan sesudah jam 4 sore Selama 3-5 hari hingga muncul tunas. Setelah 14 hari, bibit dapat dipindahkan ke polybag yang lebih besar atau ketanah.