BATAM MELAWAN CORONA: MUI Batam Serukan Warga Batam Tetap Sholat Jumat

4042

BEGINI.ID, BATAM – Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Santoso menghimbau kepada seluruh umat muslim di Batam agar tetap melaksanakan Sholat Jumat seperti biasa.

Himbauan MUI Batam ini dilatarbelakangi dengan kondisi Batam yang dinilai masih belum masuk dalam kategori darurat penyebaran corona.

“Fatwa MUI jelas mewajibkan pelaksanaan sholat Jumat dan kegiatan-kegiatan keagamaan untuk daerah-daerah yang masih aman dan sehat, dan Batam masih belum masuk dalam kategori darurat penyebaran corona, jadi pelaksanaan sholat Jumat wajib diselenggarakan,” ungkap Santoso.

Kendati demikian, lanjutnya, hal tersebut dikembalikan kepada person masing-masing, tentunya dengan melihat putusan pemerintah setempat.

“Kalau pemerintah setempat sudah menetapkan Batam sebagai kota yang bahaya penularan corona, maka sholat Jumat ditiadakan dan di ganti dengan sholat dzuhur di rumah masing-masing. Ini sesuai dengan Fatwa MUI Pusat, tapi untuk saat ini, Pemko Batam kan belum menetapkan status itu, jadi pelaksanaan sholat Jumat tetap harus dilaksanakan,” tegasnya.

MUI Batam juga telah berkoordinasi dengan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Batam.