Begini Teknik Menulis Cerita Pendek

 

BEGINI: Cerita pendek atau cerpen adalah cerita yang hanya memiliki konflik sederhana dan terdiri dari beberapa tokoh. Cerita pendek juga sering diartikan cerita yang habis sekali baca. 

Meskipun cerpen terkesan sederhana dalam penulisannya, untuk membuat cerpen tetap dibutuhkan berbagai teknik agar cerita yang dikarang menjadi unik, baru, dan tidak ada duanya dari cerita lainnya. 

Dari salah satu obyek yang sama, ada beberpa sudut unik yang dapat ditulis oleh pengarang. Pengarang dapat membumbui kisah-kisah pendek dengan berbagai fantasi dan pengalaman pribadi pengarang yang tentu saja tidak sama dengan pengalaman yang dimiliki pengarang atau orang lain.

Ada beberapa teknik yang digunakan dalam menulis cerita pendek yaitu :

Paragraf pertama yang mengesankan 

Paragraf pertama yang mengesankan merupakan kunci pembuka dalam sebuah cerpen selain dari judul. 

Cerpen adalah karangan pendek, maka dari itu paragraf pertama sebaiknya langsung masuk pada pokok persoalan dari cerita tidak perlu ditulis hal-hal klise dan menggurui karena akan menhadirkan kejenuhan dan apatis bagi para pembacanya

Pertimbangkan pembaca 

Pembaca adalah penikmat bacaan yang ditulis oleh seorang penulis atau pengarang. Maka pembaca memerlukan bacaan yang baru, segar, unik, menarik dan menyentuh perasaan.

Penulis menggali suasana

Menggali suasanan dalam cerita pendek terkadang memerlukan hal yang detail dan tentunya apik serta kreatif karena apabila penggambaran suasana baias-biasa saja cerita tidak akan menarik untuk dibaca.

Menggunakan kalimat efektif

Dalam menulis, salah satu yang terpenting adalah penggunaan kalimat efektif agar langsung memberikan kesan kepada pembaca. Pembaca mudah menyerap maksud dari setiap kalimat yang ditulis oleh penulis dari setiap bagian cerita hingga selesai.

Menggerakkan tokoh (karakter)

Penulis harus menggerakkan tokoh dengan karakter yang benar-benar hidup sesuai dengan kondisi dan alur cerita

Fokus pada cerita

Pada intinya cerita pendek hanya ada satu persoalan pokok. Persoalan lain yang hadir merupakan pendukung dalam cerita tersebut.

Sentakan terakhir pada cerita

Dalam menyelesaikan suatu cerita terutama dalam cerita pendek hendaknya membuat sentakan yang membuat pembaca terkesan. Kuncinya dari semua cerita itu terdapat pada sentakan akhir dalam sebuah paragarf penutup cerita tersebut. ***

Lebih baru Lebih lama