Begini 9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk untuk Hidup yang Lebih Baik

 

BEGINI: Setiap orang, setidaknya memiliki satu kebiasaan buruk yang merugikan. Entah itu suka menunda-nunda pekerjaan, selalu bangun siang, telat setiap ada janji, suka menghambur-hamburkan uang, dan kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan buruk ini dapat mempengaruhi kesehatan, hubungan, karier, serta merugikan diri sendiri mau pun orang lain. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk yang kita miliki?

Menghilangkan kebiasaan yang buruk memang bukan perkara mudah. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut beberapa cara menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa kamu praktekkan secara bertahap, agar kamu memiliki kehidupan yang baik.

1. Sadari Kebiasaan Buruk

Langkah awal dari cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah sadar dengan sepenuh hati bahwa kebiasaan yang kamu lakukan itu merupakan kebiasaan buruk. Selalu ingat dalam pikiran kamu, bahwa kebiasaan buruk tersebut dapat memberi dampak buruk bagi kehidupanmu. Dengan demikian, kamu punya rem untuk menahan diri dari keinginan mengulang perbuatan buruk tersebut.

2. Cari Tahu Pemicu Kebiasaan Buruk

Kebiasaan atau perilaku buruk yang berulang, umumnya membentuk sebuah pola di alam bawah sadar kita. Ketika ada pemicu, sinyal tubuh akan memperingatkan otak untuk melakukan kebiasaan tersebut. Umumnya, kebiasaan buruk dipicu oleh stres. Ketika stres, tubuh akan mencari cara untuk melepaskan ketegangan melalui kebiasaan buruk yang dia lakukan.

3. Tetapkan Tujuan Kebiasaan yang Ingin Diubah

Setelah tahu penyebab kebiasaan buruk yang ingin diubah, langkah selanjutnya dari cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah menetapkan tujuan mengubah kebiasaan tersebut. Mengubah kebiasaan buruk bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, kamu perlu membentengi dan menguatkan diri dengan memikirkan tujuannya.

Selain itu, dengan menetapkan tujuan kebiasaan yang ingin diubah, kamu bisa menyusun langkah-langkah untuk mencapainya. Ingat juga tujuan hidup yang ingin kamu capai. Dengan demikian, kamu jadi lebih bersemangat untuk berubah.

4. Buat Rencana Cara Mengubah Kebiasaan Buruk

Salah satu poin penting dari cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah rencana yang matang. Kamu perlu memikirkan, kapan akan mulai mengubah kebiasaan buruk dan bagaimana cara mengubahnya. Beri target waktu dan tahapan perubahan yang akan kamu lakukan. Namun, dalam membuat rencana ini, sesuaikan dengan kemampuan.

Pastikan membuat rencana dan target yang realistis, sehingga kamu bersemangat dalam menjalankan rencana tersebut.

Lebih baru Lebih lama