Bawaslu dan KPU Validasi DPT se-Kepri. Zulhadril: Total 1.559.727 Pemilih


BEGINI: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan sinkronisasi data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Serentak 2024 dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri pada Minggu (22/9/2024) pagi.

Dalam momen tersebut juga dilakukan, validasi data pemilih pasca-penetapan DPT di masing masing Kabupaten/Kota, sekaligus memonitor saran perbaikan yang sudah disampaikan.

Ketua Bawaslu Kepri, Zulhadril Putra mengatakan bahwa validitas data DPT terbilang sangat penting, mengingat akan mempengaruhi penyediaan logistik dalam Pemilihan Serentak 2024.

"Validasi ini sangat penting, meskipun data pemilih merupakan data dinamis yang akan bergerak namun melalui DPT menjadi acuan dalam KPU mempersiapkan logistik,” jelasnya. 

Berdasarkan hasil pleno terbuka rekapitulasi DPT terdapat ada total 1.559.727 pemilih  dengan jumlah tempat pemilihan suara (TPS) sebanyak 3.327 yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Kepri.

"Dari jumlah total DPT hasil Pleno diketahui pria mendominasi dengan total sebanyak 781.654 orang laki-laki dan 778.073 orang perempuan," jelasnya. (iman) 

Lebih baru Lebih lama