Waspada Rabun Usia Dini, Yuk Cegah dengan Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Ini!

 Waspada Rabun Usia Dini, Yuk Cegah dengan Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Ini!


BEGINI.ID - 

Mata merupakan salah satu aset yang perlu dirawat. Untuk itu, merawat kesehatan mata wajib dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan mata adalah dengan memerhatikan asupan makanan sehari-hari yang masuk ke dalam tubuh kita. Apabila kita mengonsumsi makanan sembarangan, akan berpengaruh pada kesehatan mata, misal menyebabkan rabun pada usia dini.


Makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting untuk menjaga kestabilan tubuh, khususnya dalam hal ini yaitu mata. Dengan mengonsumsi makanan sehat, kita bisa mencegah beragam penyakit yang dapat menyerang mata. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk mencegah rabun dini? Begini jawabannya menurut Health Line.

Ikan

Ikan untuk mencegah rabun
Ikan untuk mencegah rabun dini/ foto: Freepik.com/ topntp26

Ikan, khususnya salmon  bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk mata yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Salmon maupun ikan lainnya memiliki asam lemak omega-3. Adapun asam lemak tersebut adalah lemak "sehat” yang baik untuk merawat kesehatan mata, khususnya kesehatan retina yang terletak di bagian belakang mata. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga dapat membantu mencegah mata kering.

Telur

Telur untuk mencegah rabun dini
Telur untuk mencegah rabun dini/ foto: Freepik.com/ topntp26

Makanan satu ini merupakan salah satu komponen yang sering ada dalam setiap menu makanan. Ternyata, telur berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Dalam hal ini, kuning telur mengandung vitamin A, luteinzeaxanthin, dan zinc yang penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A melindungi kornea, lutein dan zeaxanthin mencegah penurunan kondisi mata, seperti rabun hingga katarak. Zinc berfungsi untuk menjaga kesehatan retina serta membantu mata saat melihat di malam hari.

Almond

Almond untuk mencegah rabun dini
Almond untuk mencegah rabun dini/ foto: Freepik.com/ jcomp

Kacang-kacangan satu ini bisa menjadi rekomendasi makanan sehat untuk mata, yaitu kacang almond. Almond mengandung vitamin E yang dapat membantu mencegah rabun dan katarak.

Kamu bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat sekaligus menjaga kesehatan mata. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya yang mengandung vitamin E dan baik untuk kesehatan mata adalah biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

Wortel

Wortel untuk mencegah rabun dini
Wortel untuk mencegah rabun dini/ foto: Freepik.com/ azerbaijan_stockers

Wortel memang terkenal baik untuk kesehatan mata. Seperti halnya pada kuning telur, wortel memiliki vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan penyakit pada bagian mata lainnya.

Kamu bisa mengolah wortel menjaga aneka macam makanan, seperti sop, salad, dan masih banyak lagi. Bahkan, kamu bisa membuat jus dari wortel, sehingga bisa menjadi pilihan minuman yang sehat.

Jeruk

Jeruk untuk mencegah rabun dini
Jeruk untuk mencegah rabun dini/ foto: Freepik.com/ pch.vector

Jeruk banyak mengandung vitamin C, yang dimana vitamin C merupakan  salah satu kunci dalam merawat kesehatan mata. Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk berguna untuk kesehatan pembuluh darah di mata. Lebih lanjut, vitamin C mampu mencegah pertumbuhan katarak dan sebagai upaya pencegahan rabun dini.

Beauties, itulah kelima makanan yang baik untuk merawat kesehatan mata. Apapun yang masuk ke dalam tubuh, bisa memengaruhi kesehatan tubuh juga. Jadi, jangan lupa konsumsi makanan sehat, ya!

Lebih baru Lebih lama