Terapkan 4 Cara Sederhana Ini Agar Badan Anti Lesu Saat Work From Home

 Terapkan 4 Cara Sederhana Ini Agar Badan Anti Lesu Saat Work From Home


BEGINI.ID - 

Beauties, apakah saat ini kamu masih bekerja dari rumah atau work from home? Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika bekerja dari rumah, walaupun tak bisa dipungkiri banyak pula tantangan, baik secara fisik, mental dan sosial.

Dari segi kesehatan, kamu yang bekerja di rumah mungkin cenderung tidak aktif bergerak dan pola makan juga ikut berantakan. Yuk, segera ubah kebiasaan buruk tersebut agar badan anti lesu dan selalu fit walaupun masih work from home!

Simak tipsnya berikut ini ya!

Mengkonsumsi Makanan yang Bernutrisi

Badan Anti Lesu Walaupun Masih WFH Yuk Terapkan 4 Cara Ini
Makanan Sehat/Foto: pexels.com/Cats Coming

Makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, telur, daging dan produk susu wajib dikonsumsi sehari-hari. Dalam pola makan yang baik dan sehat, kamu juga harus membatasi makanan lemak jenuh tinggi, seperti potongan daging yang berlemak tinggi dan juga makanan olahan.

Bagi pekerja yang work from homeThe Centers of Disease Control and Prevention juga sangat merekomendasikan untuk nggak melewatkan sarapan dan memilih mengonsumsi buah-buahan untuk camilan sehat dibandingkan dengan keripik.

Agar terhindar dari dehidrasi, cukupi cairan dalam tubuh dengan minimal delapan liter air per harinya. Hindari minuman manis seperti soda, minuman berenergi, hingga minuman jus kemasan. Menurut sebuah studi, dehidrasi dapat menyebabkan sembelit hingga perubahan suasana hati.

Rutin Berolahraga

Badan Anti Lesu Walaupun Masih WFH Yuk Terapkan 4 Cara Ini
Olahraga/Foto: pexels.com/Jonathan Borba

Olahraga terbukti memiliki manfaat fisik dan psikologis. Jadi, olahraga juga nggak boleh dilewatkan walaupun sibuk mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Luangkan untuk berolahraga melalui video kebugaran yang bisa kamu unduh di ponselmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan jalan cepat hingga lompat tali di area sekitar rumah.

Seseorang yang work from home rentan minim aktivitas. Maka setelah sesi olahraga berakhir, sebuah studi menyarankan untuk memasukkan aktivitas fisik ke dalam jam kerja, seperti berjalan di sekitar ruangan sambil menerima panggilan telepon. Mudah bukan?


Atur Ruang Kerja Lebih Nyaman

Badan Anti Lesu Walaupun Masih WFH Yuk Terapkan 4 Cara Ini
Working Space/Foto: pexels.com/Anastasia Shuraeva

Anti pegal dan sakit punggung, kamu bisa atur ruangan dan posisi saat bekerja. Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa mengaplikasikan rekomendasi posisi kerja yang sehat. Salah satunya ialah dengan memiliki kursi yang sandaran tangan dan ketinggian kursinya memungkinkan kaki untuk beristirahat rata di lantai. 

Selain itu, perhatikan pinggul dan lutut yang harus berada pada atau sedikit di atas sudut 90 derajat untuk menghindari kelengkungan punggung bawah. Tidak kalah penting, tempat optimal untuk monitor komputer adalah sejauh satu lengan, dengan bagian atas monitor setinggi atau di bawah mata, ya!

Terapkan Work Life Balance

Badan Anti Lesu Walaupun Masih WFH? Yuk Terapkan 4 Cara Ini
Mindfulness/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat orang bekerja di rumah, batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi bisa menjadi kabur. Untuk itu, ada baiknya menetapkan batas ruang, termasuk memiliki ruang kerja terpisah dengan pintunya sendiri jika memungkinkan.

Seseorang juga disarankan untuk menetapkan batasan waktu dalam bentuk jadwal kerja harian yang harus mencakup istirahat makan siang, istirahat pagi 15 menit, dan istirahat sore 15 menit.

Beberapa peneliti juga mencatat pentingnya melepaskan diri secara mental dari pekerjaan dan fokus pada relaksasi di akhir pekan, seperti melakukan mindfulness untuk meminimalkan stres yang timbul akibat kelelahan bekerja.

Lebih baru Lebih lama