Selain Bikin Kita Makin Percaya Diri, Ada Lagi Manfaat Punya Alter Ego! Apa Saja?

 Selain Bikin Kita Makin Percaya Diri, Ada Lagi Manfaat Punya Alter Ego! Apa Saja?

BEGINI.ID - Alter ego merupakan karakter atau kepribadian yang sengaja dibuat oleh seseorang untuk digunakan dalam situasi tertentu secara sadar. Karakter itu biasanya adalah gambaran ideal tentang dirinya yang nggak bisa ia realisasikan.

Meskipun terlihat sama, nyatanya fenomena ini berbeda dengan kepribadian ganda lho. Dikatakan berbeda sebab, seorang yang memiliki kepribadian ganda tidak menyadari apa yang terjadi pada dirinya ketika berganti kepribadian. Nah, pada alter ego, karakter buatan ini justru sering digunakan juga sebagai kebutuhan komersil Beauties.

Contohnya Beyonce yang berubah menjadi Sasha Fierce. Terus, apa lagi manfaatnya punya karakter buatan seperti Beyonce?

Menjadi Pribadi yang Lebih Percaya Diri

alter ego, mental health
Alter ego/pexels.com/flauxel

Dalam acara Oprah Winfrey di tahun 2008, Beyonce mengungkapkan ketika pertunjukan akan dimulai, musik mulai dimainkan dia akan merasa gugup, tapi kemudian alter ego yang ia beri nama Sasha Fierce mulai mengambil alih dan kepercayaan dirinya akan meningkat. Begitu pun cara bicara dan gestur tubuh yang diberikan akan berbeda.

Persepsi bahwa karakter buatan ini mampu meningkatkan kepercayaan diri pada pemiliknya dipertegas, oleh Celina Furman, seorang peneliti psikologi sosial dari University of Minnesota.

“Kita semua dapat meningkatkan regulasi emosi, pengendalian diri, dan ketenangan umum kita dengan memilih untuk mewujudkan persona lain La Sasha Fierce,” katanya.



Memudahkanmu Beradaptasi

alter ego, mental health
Kepribadian buatan/pexels.com/rf._.studio

Setiap karakter yang diciptakan mampu menjadikan kita sebagai sosok yang kita inginkan. Meskipun di lain sisi kita tidak menyadari betapa rapuhnya kepribadian kita yang sebenarnya. Nah, dari karakter buatan inilah kamu dapat menutupi segala hal negatif mungkin ada dirimu Beauties.

Mengutip dari Medium.com, menciptakan alter ego adalah bentuk jarak psikologis yang terbukti memungkinkan kamu untuk mengadopsi ciri-ciri kepribadian yang diinginkan.

Berangkat dari persepsi ini kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun situasi yang berbeda, sesuai dengan kebutuhanmu.

Melindungi Diri dari Hal Yang Tidak Diinginkan

alter ego, mental health
Karakter buatan/pexels.com/abbat

Ketika kamu dalam satu situasi yang membuatmu merasa cemas dan tidak nyaman, karakter yang sengaja kamu buat bisa saja mengambil alih segala masalahmu dan menyelesaikannya dengan baik tanpa timbul masalah lainnya.

Sehingga, secara tidak langsung kamu bisa melindungi dirimu sendiri dari segala hal yang tidak kamu inginkan. Hal ini juga berlaku pada hal yang berkaitan dengan perasaan.


Beauties, alter ego memang bisa memberikanmu dampak positif di keseharianmu. Namun, karakter atau kepribadian buatan ini juga bisa jadi berdampak negatif jika terlalu mendominasi kehidupan sehari-harimu, apalagi jika kamu sengaja menciptakannya untuk melakukan hal negatif.

Sehingga, pengendalian diri akan sangat penting selama kamu punya karakter atau kepribadian buatan ini.

Lebih baru Lebih lama