Risiko Masih Nonton Film Ilegal di PC atau Handphone: Mengundang Virus Jahat dan Data Pribadi Bisa Dicuri! Apa Lagi?


BEGINI.ID - Menonton film secara ilegal seperti dari IndoXXI, Dunia21, LK21, dan sejenisnya memang murah meriah, tapi risiko yang menghampiri nggak main-main.

Jangan sampai niat ingin menikmati tontonan malah nggak sepadan dengan dampak negatifnya! Memangnya ada apa saja, sih? Simak selengkapnya berikut ini, yuk.

Mengundang Malware dan Virus

Salah satu kerugian saat menonton dari layanan tidak resmi adalah bisa mengundang malware dan virus jahat, pada device yang kamu gunakan, Beauties.

Pasalnya banyak peretas yang memanfaatkan situs streaming untuk menyusupkan malware. Mengutip CNN, pemasok konten bajakan menyebar aplikasi dan add-on yang fungsinya untuk akses situs streaming. Bila kamu mengunduhnya, kemungkinan besar kamu akan mengunduh malware juga.

Malware JokerIlustrasi malware/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Bila software berbahaya pada aplikasi peretas itu masuk ke jaringan nirkabel, maka kemungkinannya bisa menginfeksi perangkat lain yang terhubung ke jaringan tersebut.

Bahaya itu muncul ketika kamu 'dipaksa' untuk mengklik tautan tertentu sebelum film bisa diunduh atau ditonton. Padahal risiko device kamu terpapar malware pun besar.

Salah satu dampaknya adalah performa gadget jadi lambat, menayangkan jendela iklan, mengalihkan ke situ yang nggak ingin dikunjungi, juga tidak responsif.

Data Pribadi Dicuri

Malware tadi juga bisa mengakibatkan pencurian informasi data pribadi, seperti informasi kartu kredit dan rekening bank, juga bisa bisa mengekspos foto, terlebih kalau kamu menggunakan device untuk nonton yang sama untuk belanja online. Seram banget kan, Beauties!


Melanggar Hak Cipta

Ketika kamu menonton lewat layanan legal artinya kamu menghargai karya orang-orang yang berjasa di belakangnya. Seperti diketahui, biaya produksi untuk sebuah tontonan itu bisa mahal.

Karenanya kalau kamu menonton secara ilegal itu akan melanggar hak cipta, sehingga pembuat film nggak dapat pemasukan. Karena itu lebih baik menontonya secara legal ya, Beauties! Terlebih sekarang banyak yang menawarkan dengan harga relatif terjangkau.

Lebih baru Lebih lama