Puluhan Tahun Rawat Kecantikan Perempuan Indonesia, Ini 6 Brand Skincare Lokal yang Masih Eksis hingga Kini!

Puluhan Tahun Rawat Kecantikan Perempuan Indonesia, Ini 6 Brand Skincare Lokal yang Masih Eksis hingga Kini!

BEGINI.ID - 

Tidak berlebihan rasanya jika skincare kini menjadi barang wajib yang harus dipakai dan dibawa ke mana pun. Hal ini karena manfaat yang ditawarkan oleh beragam produk skincare yang memang dibutuhkan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit.

Saat ini, ada banyak sekali pilihan brand skincare lokal berkualitas yang dapat kita pilih. Namun ada beberapa skincare yang terkenal hingga saat ini yang sudah merawat kecantikan kulit perempuan Indonesia selama puluhan tahun lamanya lho

Sederet merek skincare berikut ini terbukti mampu bertahan karena mengedepankan kualitas dan selalu mengembangkan produk-produknya sesuai kebutuhan zaman. Kira-kira apa saja ya? Yuk, cari tahu!

Gizi Cosmetics

Brand skincare lawas yang masih eksis
Pelopor krim wajah berbahan seaweed di Indonesia/Foto: Instagram.com/gizi.ind

Terkenal akan krim wajah berbahan dasar rumput lautnya, PT Gizi Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1972, Beauties. Awalnya Gizi Cosmetics hanya memproduksi krim wajah rumput laut yang dikenal dengan nama Gizi Super Cream saja.Produk favorit Gusti Putri Mangkunegoro VIII ini pun berhasil memikat hati para perempuan Indonesia di masa itu.

Seiring meningkatnya popularitas krim wajah Gizi Super Cream, perusahaan yang memiliki tagline "Secret of Seaweed" ini kemudian melebarkan sayapnya dengan memproduksi rangkaian perawatan wajah dari ekstrak bahan alami lainnya seperti temulawak, manggis dan bunga lotus. Produk tersebut diberi nama Gizi Essential White with Temulawak SeriesGizi Beauty Perfect with Mangosteen Series dan Gizi Beauty Active with Lotus Essence Series.

Kamu sendiri sudah pernah mencoba produk dari Gizi Cosmetics atau belum nih, Beauties?

Saripohatji

Brand skincare lawas yang masih eksis
Bedak dingin Saripohatji yang digemari/Foto: Instagram.com/saripohatji.co.id

Pecinta bedak dingin pasti sudah nggak asing lagi nih sama brand legendaris yang satu ini! Ternyata, Saripohatji sudah didirikan sejak tahun 1927 lho Beauties!

Bahkan proses produksinya yang berlokasi di Kota Ciamis, masih mempertahankan cara manual serupa zaman dahulu, begitu pula dengan bungkusan kertas serta bentuknya yang menyerupai pil. Hingga kini sudah hampir seabad masker wajah berbahan dasar tepung beras yang dikombinasikan dengan daun suji, mangkokan, teklan, jambu dan beung beureuman ini bertahan.

Walaupun terkesan jadul, produk ini tetap digandrungi oleh para remaja karena efek mencerahkan yang terlihat nyata di kulit wajah.

Kelly Cosmetics

Brand skincare lawas yang masih eksis
Kelly Cosmetics, harga murah kualitas nggak murahan/Foto: Instagram.com/kellycosmetics.id

Siapa yang nggak kenal dengan produsen krim wajah yang identik dengan kemasan berwarna merah ini? Produk Kelly yang diproduksi oleh PT Kelly International Cosmetic nyatanya sudah merawat kecantikan kulit perempuan Indonesia selama kurang lebih setengah abad sejak 1970-an.

Dikenal melalui krim wajahnya yakni Kelly Pearl Cream, perjalanan brand ini ternyata nggak mudah lho. Karena harganya yang sangat murah, banyak sekali beredar isu miring yang mengatakan bahwa krim ini diduga mengandung merkuri. Padahal krim ini sudah terbukti aman dan terdaftar di BPOM, sehingga  aman untuk digunakan sehari-hari.

Selain krim, Kelly Cosmetics juga memproduksi sabun wajah dan scrub, yaitu Kelly Lemon Soap dan Kelly Lemon Soft Scrub.



Sariayu Martha Tilaar

Brand skincare lawas yang masih eksis
Varian Putih Langsat Sariayu/Foto: Instagram.com/sariayu_mt

Berawal dari sebuah salon kecantikan, D.R. (H.C.) Martha Tilaar kemudian mengembangkan bisnisnya menjadi sebuah produsen produk kecantikan. Beliau terinspirasi oleh perawatan tubuh para perempuan ningrat Jawa di masa lampau.

Berbekal mempelajari manuskrip kuno dari Keraton Yogyakarta dan dibantu oleh para ahli antropologi, akhirnya pada tahun 1977 Sariayu resmi berdiri dengan mengusung visi untuk mempercantik perempuan Indonesia yang berbasis kearifan lokal dan kekayaan alam Indonesia.

Hingga kini, produk Sariayu masih saja dicintai oleh pengguna skincare lokal. Beberapa produknya yang selalu dicari seperti rangkain produk Putih Langsat, Daun Pegagan dan Masker Bubuk, seperti Ketan Hitam, Kacang Hijau, Beras Merah serta Beras Putih. Apakah kamu salah satu pecinta produk-produknya Sariayu, Beauties?

Mustika Ratu

Brand skincare lawas yang masih eksis
Series Bengkoang yang ampuh cerahkan wajah/Foto: Instagram.com/mustikaratuind

Dari segi kualitas, brand kecantikan yang didirikan oleh seorang bangsawan Kraton Surakarta yakni Dra. BRA Mooryati Soedibyo ini tentu nggak perlu diragukan lagi. Dengan memegang teguh konsep kecantikan alami Indonesia, Mustika Ratu telah berhasil menjadi teman setia para perempuan sejak tahun 1978 dalam merawat kecantikan alaminya.

Hingga saat ini, Mustika Ratu terus berinovasi agar produknya mampu menyesuaikan kebutuhan perempuan-perempuan masa kini. Salah satu produk skincare yang paling sering menjadi buah bibir ialah masker bengkoang. Masker ini digadang-gadang menjadi masker dengan efek mencerahkan wajah nomor satu se-Indonesia lho! Tertarik mencoba?

Wardah

Brand skincare lawas yang masih eksis
Varian Wardah Crystal Secret/Foto: Instagram.com/wardahbeauty

Siapa sangka kalau pionir kosmetik halal di Indonesia ini sudah eksis di kancah industri kecantikan sejak tahun 1995? Dibalik ketenarannya saat ini, dulunya produk Wardah hanya dijajakan dari rumah ke rumah lho.

Ide brand Wardah pertama kali digagas oleh seorang perempuan bernama Nurhayati Subakat yang kemudian berdiri di bawah naungan PT Paragon Technology Innovation. Mana, nih, para penggemar setia Wardah?

Itulah enam brand skincare lawas yang masih dapat kita jumpai hingga saat ini. Ada brand kesayanganmu nggak nih, Beauties?

Lebih baru Lebih lama