Lelah Mengurus Rumah? Lakukan 5 Cara Ini untuk Atasi Stres bagi Ibu Rumah Tangga

 Lelah Mengurus Rumah? Lakukan 5 Cara Ini untuk Atasi Stres bagi Ibu Rumah Tangga


BEGINI.ID - Beauties, menjadi ibu rumah tangga tidaklah mudah seperti yang dilihat, karena mengurus rumah pun memiliki tanggung jawab yang cukup berat. Ibu harus membagi waktu antara mengurus rumah, menjaga serta merawat si kecil, dan membagi waktu untuk diri sendiri.

Jika tidak bisa membagi waktu dengan baik, ibu bisa keteteran dan terkadang membuat stres. Agar tidak mengalami hal tersebut, maka cobalah untuk melakukan beberapa cara ini untuk membantu mengurangi rasa kelelahan.

Habiskan Waktu dengan Pasangan

Menghabiskan penghujung hari bersama pasangan
Menghabiskan penghujung hari bersama pasangan/ Foto: Pexels/ cottonbro

Kamu dan pasangan telah melalui tahap dalam mengasuh anak bersama-sama, bagaimanapun lelahnya di penghujung hari, cobalah untuk meluangkan waktu bersama pasangan. Mengutip laman Very Well Family, percakapan sehari-hari yang sederhana dengan pasangan ternyata dapat memberimu dorongan emosional yang dibutuhkan pada hari-hari ketika kamu merasa kelelahan.

Terhubung dengan pasanganmu setiap hari dapat membuat perbedaan besar dalam pandanganmu untuk hari esok.


Me Time

Lakukan me time untuk hilangkan stres
Lakukan me time untuk hilangkan stres/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Penting bagi perempuan, termasuk para ibu untuk meluangkan waktu secara teratur untuk melakukan hal-hal yang membuat kita tetap merasa hidup. Agar tidak merasa kelelahan yang berlebihan, kamu berhak mendapatkan istirahat yang cukup. Kamu bisa melakukan sedikit program liburan yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan meninggalkan segala aktivitas rumah.

Kamu bisa menitipkan sebentar anak-anak ke tempat penitipan anak, lalu gunakan waktu istirahatmu untuk ‘kencan’ bersama pasangan atau melakukan kegiatan yang kamu suka. Hal ini dapat membantumu dari kelelahan dan bisa sedikit me-refresh pikiran agar membuatmu semangat kembali.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup agar tidak merasa kelelahan
Tidur yang cukup agar tidak merasa kelelahan/ Foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari laman Very Well Mind, jika kita tidak cukup tidur maka lebih rentan terkena stres karena jadwal sibuk dan peran ganda, sering kali waktu untuk tidur tidak tercukupi dari yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, agar terhindar dari stres, maka kamu harus mendapatkan waktu tidur yang cukup, kamu bisa ikut terlelap ketika anak-anak sedang tidur atau ketika mereka sedang sekolah.

Merawat Tubuh

Merawat tubuh untuk hilangkan stres
Merawat tubuh untuk hilangkan stres/ Foto: Pexels/ Gustavo Fring

Sering kali ibu lebih fokus dalam merawat suami dan anak-anak tetapi lupa untuk merawat diri sendiri. Oleh karena itu, ketika mengalami kelelahan atau stres bisa menyebabkan kerusakan fisik yang hebat, penting bagi ibu untuk menghilangkan stres dengan cara merawat tubuh.

Kamu bisa merawat tubuh dengan cara berolahraga yang memiliki banyak manfaat, melakukan perawatan spa di tempat khusus atau di rumah untuk memanjakan diri, atau mengonsumsi makanan sehat yang dapat membuatmu memiliki banyak energi.

Meminta Bantuan

Meminta bantuan orang lain
Meminta bantuan orang lain/ Foto: Pexels/ Christina Morillo

Beberapa orang tidak memiliki dukungan atau orang terdekat yang datang untuk membantu meringankan beban. Maka jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, Beauties, karena dikutip dari laman Parents, menurut Mary C. Kimmel, MD, co-director Program Psikiatri Perinatal di University of North Carolina di Chapel Hill bahwa memiliki dukungan dari seseorang dapat membantumu mengubah pemikiran negatif yang memberi tahu bahwa kamu tidak penting atau kebutuhan orang lain lebih penting.

Nah, Beauties, itulah beberapa cara untuk mengatasi stres saat mengurus rumah. Jika kamu kewalahan maka jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk membantu meringankan pekerjaan rumah.

Lebih baru Lebih lama