Justru Bisa Menyusahkan Diri dan Orang Lain, Ini 4 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan untuk Self Reward


BEGINI.ID - Memberikan penghargaan kepada diri sendiri atau yang biasa dikenal sebagai self reward memang dapat memberikan manfaat baik. Hal tersebut terkait dengan upaya untuk menumbuhkan motivasi, cara mencintai diri sendiri dan tentunya diharapkan dapat berpengaruh baik untuk kesehatan mental. Biasanya self reward ini akan diberikan saat meraih pencapaian tertentu. 

Bentuk self reward sendiri cukup beragam, baik itu fisik maupun non fisik. Sebagai contohnya, membeli suatu barang yang dapat menyenangkan hati. Namun pemberian self reward sendiri perlu diperhatikan karena tidak jarang sesuatu berkedok self reward namun nyatanya adalah bentuk pemborosan.

Untuk itu, berikut adalah hal yang seharusnya tidak dilakukan untuk self reward.

Berutang untuk Membeli Barang

Ilustrasi berbelanja/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berbelanja/ Foto: Freepik.com

Hal pertama yang seharusnya tidak dilakukan untuk self reward adalah berhutang untuk membeli barang. Hal ini perlu ditekankan karena biasanya adalah satu bentuk dari self reward adalah memberi sesuatu barang untuk menyenangkan diri.

Memang tidak ada salahnya untuk membeli barang untuk dijadikan self reward, namun dengan catatan tetap harus memerhatikan kemampuan diri sendiri terutama dari segi keuangan.

Belilah barang yang sekiranya memang mampu dibeli tanpa membebani diri dengan hutang. Ada baiknya pula untuk membeli barang yang benar-benar dibutuhkan daripada membeli barang yang hanya tertarik karena selera belaka, apalagi dengan harga fantastis di luar budget.

Terlalu Sering

Ilustrasi terlalu sering berbelanja/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi terlalu sering berbelanja/ Foto: Freepik.com

Hal berikutnya yang jika tidak seharusnya dilakukan sebagai self reward adalah terlalu sering. Mengapa? Karena sejatinya self-reward harus mempunyai alasan yang benar-benar tepat.

Misalnya saja karena kamu telah menyelesaikan suatu pekerjaan yang benar-benar menguras tenaga dan pikiran atau di saat kamu berhasil mencapai suatu pencapaian yang memang selama ini sudah benar-benar diusahakan dengan maksimal.

Apabila terlalu sering, hal yang dikuatirkan muncul adalah adanya perilaku konsumtif yang berdalih ingin memberikan self reward. Jadi harus bijak untuk membedakannya ya, Beauties.


Membeli Sesuatu yang Tidak Sehat

Ilustrasi memakan makanan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memakan makanan/ Foto: Freepik.com

Selain barang, salah satu bentuk self reward yang cukup sering ditemukan adalah makanan. Namun perlu diperhatikan bahwa yang namanya self reward sudah seharusnya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri.

Hal ini tentunya akan bertolak belakang apabila makanan yang dibeli malah tidak sehat. Ingat, kesehatan adalah salah satu investasi penting dalam hidup sehingga perlu dijaga. Belilah sesuatu yang dapat bermanfaat baik untuk kesehatan sehingga kamu benar-benar memberikan self reward yang baik untuk tubuh.

Menyusahkan Orang Lain

Ilustrasi liburan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi liburan/ Foto: Freepik.com

Hal yang satu ini juga tidak seharusnya dilakukan untuk self reward. Jangan sampai self reward yang dilakukan malah menyusahkan orang lain. Sebagai contohnya, kamu memilih self reward dengan cara berlibur dengan kondisi deadline pekerjaan yang masih menumpuk.

Tidak jarang kondisi tersebut membuat rekan kerja kamu menjadi terdampak. Oleh karenanya pastikan bahwa pemberian self reward kepada diri sendiri dilakukan pada waktu yang tepat dan tidak menyusahkan orang lain, ya.

Lebih baru Lebih lama