Jangan Salah Kaprah! Meski Serupa, tapi Retinol dan Retinoid Nggak Sama, Kenali Perbedaannya

 Jangan Salah Kaprah! Meski Serupa, tapi Retinol dan Retinoid Nggak Sama, Kenali Perbedaannya


BEGINI.ID - 

Rangkaian skincare yang ada di pasaran kini banyak yang mengagung-agungkan bahan aktif sebagai bahan terbaik perawatan kulit. Retinoid bahan yang kerap disebut-sebut sebagai holygrail dalam perawatan kulit.


Namun, beberapa orang ada yang menyandingkannya retinoid dengan retinol seolah-olah mereka adalah satu jenis bahan yang sama. Padahal, keduanya berbeda, baik dari sumber maupun konsentrasi. Jika rejimen perawatan kulitmu mengandung kedua bahan aktif ini, ada baiknya kamu mengetahui perbedaannya.

Lantas, di mana letak perbedaan retinoid dan retinol dalam perawatan kulit? Dihimpun dari Byrdie, berikut ulasannya.

Apa Itu Retinoid?

Ilustrasi produk skincare/Pexels.com/Jill BurrowIlustrasi produk retinoid. (Foto: Pexels.com/Jill Burrow)

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang diubah menjadi asam retinoat. Bahan ini termasuk dalam antioksidan yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dengan menambah kadar kolagen dalam kulit yang dari waktu ke waktu semakin menurun. 

Menurut Melissa Levin, MD, FAAD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York dan pendiri Entière Dermatology, retinoid pada dasarnya adalah istilah umum dasar untuk retinol yang dijual bebas sedangkan retinoid dijual dengan resep.

Skincare Routine Menurut Dermatologist/ pexels.com/ CottonbroIlustrasi retinoid. (Foto: pexels.com/ Cottonbro)/ Foto: Sri Widiastuti

Selain melawan penuaan dini, retinoid diketahui terbukti memperbaiki tekstur dan warna kulit. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan pergaintian sel dan mencerahkan noda hitam. Beberapa turunan retinoid seperti tretinoin juga diketahui menghilangkan jerawat dan membebaskan pori-pori tersumbat.

Ada juga tazarotene yang mengobati psoriasis dengan menenangkan peradangan dan mengatur pertumbuhan sel kulit. Dikutip dari website Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, asam retinoatadapaleneetretinate, dan tazarotene adalah turunan retinoid yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

Apa Itu Retinol?

Jangan mencampur retinol dengan benzoil peroksida./Foto: pexels.com/Shiny DiamondIlustrasi retinol. (Foto: pexels.com/Shiny Diamond)

Beda hal yang dengan retinoid yang dijual menggunakan resep, retinol sendiri dijual bebas di pasaran, sebab, menurut Levin, retinol memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari  asam retinoat aktif.

Selain itu, retinol punya nama lain pada kemasan skincare, seperti retinyl palmitateretinyl linoleateretinaldehydepropionic acid, atau retinyl acetate. "Semakin banyak konversi, semakin lemah produknya," kata Levin.

Kendati termasuk dalam turunan retinoid paling mild, tapi baik retinol maupun retinoid tetap mengandung sejumlah kecil bahan aktif yang nggak boleh disepelekan pada beberapa orang, seperti ibu hamil, misalnya, sebab bisa mengganggu pertumbuhan janin dan cacat janin.

Lebih baru Lebih lama