Hilangkan Perut Buncit Hanya dengan Bernapas? Cobain 5 Teknik Pernapasan Ini, Yuk!

 Hilangkan Perut Buncit Hanya dengan Bernapas? Cobain 5 Teknik Pernapasan Ini, Yuk!

BEGINI.ID - 

Setiap orang, baik perempuan maupun pria, pasti ingin memiliki bentuk tubuh ideal, salah satunya adalah perut rata. Hal ini membuat mereka yang punya perut buncit selalu berusaha ekstra untuk menghilangkannya dengan berbagai cara.

Selain asupan makanan yang harus dijaga dan rutin berolahraga, ternyata latihan napas juga bisa membantu menghilangkan perut buncit lho, Beauties.

Penasaran bagaimana caranya? Simak lima teknik pernapasan berikut ini untuk bantu hilangkan lemak di perut, yuk!

Pernapasan Tengkorak

Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Oluremi Adebayo
Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Oluremi Adebayo

Lakukan pernapasan ini sambil duduk bersila dengan postur yang tegap tapi tetap rileks. Ambil napas dengan dalam dan tahan otot perut.

Kemudian, keluarkan napas secara bertubi-tubi dan terpatah-patah. Setelah itu, ambil kembali napas panjang dan ulangi untuk membuang napas bertubi-tubi dan terpatah-patah. Latihan ini berfungsi untuk menguatkan otot perut dan membantumu menghilangkan racun dalam tubuh.

Pernapasan Mulut

Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/  Monstera
Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/  Monstera

Kamu bisa memulai teknik ini dengan membuka mulut dan perlahan ambil napas dalam. Buang napas dari mulut perlahan sambil menghitung dari satu sampai sepuluh. Secara bertahap, usahakan mengambil waktu lebih lama saat membuang napas dibanding saat menghirupnya.

Membuang napas lebih lama akan memancing metabolisme tubuhmu bekerja lebih cepat. Lakukan latihan ini minimal tiga kali sehari.

Pernapasan Mendengung

Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Suraphat Nuea-on
Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Suraphat Nuea-on

Kamu bisa melakukan teknik ini dengan duduk bersila. Jaga postur untuk tidak terlalu membungkuk dengan bahu tetap rileks.

Posisikan jempol berada di telinga dan jari telunjuk berada di atas alis. Letakkan sisa jari lainnya menutupi kelopak mata.

Tarik nafas dalam dari hidung, keluarkan nafas dalam posisi mulut tertutup sambil bergumam hingga berdengung. Lakukan beberapa kali sebelum memulai aktivitas atau berolahraga.


Pernapasan Perut

Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/Kelvin Valerio
Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/Kelvin Valerio

Dalam latihan ini, kamu bisa melakukannya sambil duduk bersila maupun berdiri. Letakkan satu tanganmu di atas perut dan posisikan jempolmu berada di dekat pusar. Ambil napas dalam sambil membesarkan perut.

Pastikan udara terisi hingga perutmu menggembung ke depan. Saat kamu melakukan ini, perhatikan bahwa dadamu tidak boleh naik ke atas, karena dada yang naik akan membuatmu melakukan pernapasan dada.

Pernapasan Diafragma

Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Cliff Booth
Ilustrasi Melatih Pernapasan/ Foto: Pexels/ Cliff Booth

Berbeda dengan teknik pernapasan sebelumnya, kamu bisa melakukan teknik ini dalam posisi berbaring. Setelah berbaring, perlahan ambil napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Jaga dadamu tetap diam, ambil napas dalam dan rasakan setiap tarikan napas yang kamu ambil.

Saat kamu mengambil napas, lebarkan perutmu ke sisi kanan dan kiri. Perut yang melebar ke samping adalah bukti bahwa diafragmamu sedang bekerja dalam teknik pernapasan ini. Buang napas dari mulut, lalu ulangi teknik pernapasan ini beberapa kali.

Meskipun bisa membantumu mengatasi perut buncit, tetap perhatikan pola makan dan gaya hidupmu ya, Beauties. Jadikan latihan pernapasan ini sebagai penunjang untuk mempercepat prosesmu meratakan bentuk perut, bukan sebagai satu-satunya cara.

Lebih baru Lebih lama