Cucian Susah Kering di Musim hujan, Gunakan Cara Ini untuk Cegah Bau Tak Sedap! Bisa Wangi bak Laundry

 Cucian Susah Kering di Musim hujan, Gunakan Cara Ini untuk Cegah Bau Tak Sedap! Bisa Wangi bak Laundry


BEGINI.ID - Sinar matahari adalah hal yang langka di musim hujan. Karena itu, salah satu problem utama yang harus dihadapi begitu musim hujan datang adalah cucian yang tak kunjung kering. Selain kekurangan stok baju ganti, cucian tak kering juga menimbulkan bau tak sedap yang bikin kamu tak nyaman.

Sebagaimana pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, ada baiknya kamu melakukan persiapan sebelum mencuci pakaian agar terhindar dari bau tak sedap. Nah, berikut adalah tips mencegah bau tak sedap pada cucian tak kering.

Gunakan Cuka dan Baking Soda

Sekotak baking soda
Baking Soda/ Foto: Unsplash.com/Clint Patterson

Bahan dapur kerap menjadi pertolongan darurat atau cara alternatif mengatasi masalah rumahan. Tak terkecuali untuk menangani masalah cucian tak kering. Di antaranya adalah baking soda yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada pakaian kotor. Banyak ahli yang mendukung cara ini karena baking soda terbukti dapat menghilangkan bau, memutihkan/mencerahkan, dan melembutkan pakaian. Tak hanya itu saja, baking soda juga dapat mengontrol busa deterjen.

Untuk cuci manual, gunakan 1 cup (120 gram) baking soda. Masukkan baking soda ke dalam bak sebelum pakaian kotor. Lalu, bubuhkan deterjen dan cuci seperti biasa. Penggunaan baking soda paling direkomendasikan untuk pakaian putih karena sifat pencerah alaminya. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk berbagai tipe pakaian karena baking soda tidak memudarkan warna.

Takaran yang sama juga berlaku untuk pencucian di mesin cuci. Tambahkan 1 cup (120 gram) baking soda ke dalam drum mesin cuci, lalu nyalakan mesin pada putaran tertinggi. Agar lebih bersih, kamu bisa menambahkan baking soda di sebuah spons atau kain microfiber, dan gunakan untuk membersihkan bagian dalam drum sebelum menyalakan mesin cuci.

Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa tambahkan cuka saat tahap pembilasan, yakni setelah deterjen dan baking soda selesai melakukan tugasnya selama tahap pencucian.


Gunakan Pewangi Pakaian

Sepaket pewangi dan pelembut pakaian
Pewangi Pakaian/ Foto: Unsplash/KINN Living

Tips lain untuk mencegah bau tak sedap pada cucian tak kering yaitu menggunakan pewangi pakaian. Ada banyak pilihan pewangi pakaian yang tersedia di toserba. Produk inipun hadir dalam formula yang sekaligus melembutkan pakaian.

Kamu cukup memilih wangi mana yang sesuai dengan selera. Satu sachet pewangi pakaian biasanya digunakan untuk 10-15 potong pakaian. Apakah itu 1 atau 2 tutup botol cairan pewangi pakaian, sebaiknya gunakan takaran yang sesuai dengan petunjuk masing-masing produk yang sudah tertera dalam kemasan. Sementara caranya cukup dengan menuangkannya ke dalam air bilasan di tahap akhir. Kamu bisa merendamnya selama kurang lebih 10 menit.

Mudah banget, kan? Tips dengan langkah yang simpel ini bisa menjadikan pakaianmu sewangi hasil laundry profesional. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi muncul bau tak sedap karena cucian tak kering. Selamat mencoba, Beauties!

Lebih baru Lebih lama