Bekerja dari Rumah, Begini Cara Terapkan Fengshui untuk Menarik Kreativitas


Bekerja dari Rumah, Begini Cara Terapkan Fengshui untuk Menarik Kreativitas

BEGINI.ID - 

Menciptakan ruangan yang nyaman dan menarik kreativitas menjadi penting saat harus bekerja dari rumah. Berakar pada filosofi Tiongkok kuno, fengshui berarti merancang ruang hidup selaras dengan energi qi yang tidak terlihat di alam semesta, sebuah kekuatan kehidupan di segala bentuk.

Kamu hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian sederhana di ruang kerja maupun ruang tidur untuk merasakan perubahannya. Seperti memindahkan meja ke bagian ruangan yang berbeda atau menggantung karya seni yang menginspirasi, akan memberikan kegembiraan, kreativitas, dan keseimbangan yang lebih besar. Mau tahu lebih lanjut? Perhatikan tips lansiran dari Good Net berikut ya, Beauties!

1. Bersihkan Rumah

Membersihkan Meja Kerja./Foto: unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya
Membersihkan Meja Kerja./Foto: unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya

Ruangan yang menjadi tempat kamu menghabiskan banyak waktu dapat mempengaruhi mood kamu, lho, Beauties. Sebagai langkah awal menerapkan fengshui, kamu bisa mulai untuk membersihkan area rumah dari debu dan bakteri. Rumah yang bersih dan teratur akan menciptakan suasana kesegaran dan menarik energi positif.

Terakhir, kamu bisa menyalakan dupa untuk membersihkan energi negatif dari tempatmu bekerja. Perlu diperhatikan agar jendela rumah tidak kotor. Di fengshui, penting untuk menjaga kebersihan jendela agar tidak menghalangi kegembiraan dan kemungkinan dari hidup kamu.

2. Mengatur Posisi Furnitur

Posisi Furnitur Berdasarkan Fengshui./Foto: unsplash.com/Toa Heftiba
Posisi Furnitur Berdasarkan Fengshui./Foto: unsplash.com/Toa Heftiba

Dalam fengshui, posisi barang merupakan hal yang perlu dikendalikan. Di kantor misalnya, meja harus menghadap ke pintu untuk membuka peluang bisnis dan menarik kekayaan. Sofa juga ditempatkan menghadap pintu masuk, tapi tetap menyediakan ruang kosong di sekitar pintu.

Sama halnya dengan di kamar, penempatan tempat tidur terbaik adalah pada dinding yang menghadap ke pintu. Hindari menaruh barang di dekat pintu agar energi dapat masuk secara bebas. Setidaknya pintu dapat terbuka sebesar 90 derajat.

3. Pasang Barang yang Menginspirasi

Lukisan yang Menginspirasi./Foto: unsplash.com/Steven Ungermann
Lukisan yang Menginspirasi./Foto: unsplash.com/Steven Ungermann

Ruangan yang kamu tinggali sebaiknya dapat memberikan kamu inspirasi. Kamu bisa coba memajang lukisan dari seniman favoritmu atau foto liburan bersama keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menempelkan goals yang ingin kamu capai di dinding.

Apapun yang dapat menginsipirasimu, taruh lah di sekitar rumah. Tapi sebaiknya jangan menggantung karya terlalu rendah. Ingatlah fengshui berhubungan dengan qi. Kalau lukisan digantung dalam posisi miring atau rendah, maka akan berpengaruh pada energi kreatifmu juga.

4. Mengatur Warna

Bermacam Warna dalam Ruangan./Foto: unsplash.com/Andrea Davis
Bermacam Warna dalam Ruangan./Foto: unsplash.com/Andrea Davis

Warna sebagai ekspresi dari cahaya memiliki kekuatan yang kuat. Warna juga berperan penting dalam fengshui selama berabad-abad. Untuk mengoptimalkan ruangan, kamu bisa memilih warna berikut untuk disesuaikan sesuai elemen.

Kayu: hijau dan coklat terang

Api: merah terang, kuning, jingga

Tanah: kuning pucat dan coklat muda

Logam: putih bersih dan abu-abu

Air: biru dan hitam

Hindari pemilihan warna yang salah. Kalau ingin ruang belajar yang santai, jangan gunakan warna yang hidup seperTi jingga. Kamu bisa gunakan warna coklat.

5. Kembalikan Keseimbangan dengan Lima Elemen

Ruang Kerja Seimbang./Foto: unsplash.com/Slava Keyzman
Ruang Kerja Seimbang./Foto: unsplash.com/Slava Keyzman

Unsur energi dapat membawa keseimbangan bagi hidupmu. Misalnya elemen tanah dengan warna kuning pucat dan coklat mudah dapat membuatmu lebih stabil. Saat kamu merasa kurang terarah, mungkin kamu bisa menambahkan warna elemen logam.

Begitupun saat merasa tidak bersemangat, kamu bisa menggunakan warna dari elemen api. Yang perlu dihindari adalah menggunakan dekorasi tetap. Layaknya hidup yang dinamis, energi di dalam rumah juga perlu penyesuaian.

 

Lebih baru Lebih lama