Bahaya! 5 Daftar Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Alih-alih Hemat Waktu Justu Malah Bikin Keracunan

 Bahaya! 5 Daftar Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Alih-alih Hemat Waktu Justu Malah Bikin Keracunan


BEGINI.ID - 

Memasak menjadi salah satu rutinitas harian. Terkadang untuk menghemat waktu sehari-hari, banyak orang yang memilih untuk memasak sebanyak mungkin dan dipanaskan kembali jika ingin memakannya. Namun, ada juga dari mereka yang berdalih ingin hemat biaya dan terus-menerus memanaskan makanan sisa. 

Padahal, tidak semua makanan cocok untuk dipanaskan kembali. Pasalnya akan banyak bahaya yang diakibatkan karena kebiasaan memanaskan makanan tersebut. 

Seperti deretan makanan berikut ini yang ternyata jangan sampai kamu panaskan berulang. Apa saja? Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Sayur-sayuran

Sayur untuk kesehatan kulit adalah bayam/pixabay.comSayur Bayam/ Foto: Pixabay.com

Sayur-sayuran, salah satunya sayuran hijau kaya akan manfaat. Apalagi jika secara rutin dikonsumsi setiap hari. 

Namun, memanaskan kembali sayuran hijau adalah cara yang salah. Sebab, sayuran hijau yang merupakan makanan sehat ini jika dipanaskan kembali dapat berubah menjadi racun. Hal ini karena lepasnya karsinogenik yang bersifat kanker. 

Selain itu, kandungan zat besi dalam sayuran hijau yang teroksidasi, nantinya bisa menghasilkan radikal bebas berbahaya sebagai sumber penyakit. 

2. Makanan Bersantan

Resep Gulai Ayam Rumah Makan PadangMakanan Bersantan/ Foto: Dok. Aria Hilasana/detikcom

Santan kelapa atau santan instan terkadang diberikan pada beberapa olahan makanan, mulai dari ayam gulai, opor, soto santan, dan berbagai makanan lainnya. Walau terkadang masih enak disantap, apalagi setelah dipanaskan beberapa kali dapat membuat bumbunya makin meresap, namun memanaskan makanan bersantan adalah hal yang tidak disarankan!

Pasalnya, makanan bersantan yang dipanaskan kembali akan kehilangan nutrisi dan akan terlalu banyak lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan lemak jahat ini bisa menimbulkan beragam penyakit, dari obesitas, jantung, sampai stroke.

3. Makanan yang Telah Digoreng

10 Resep Gorengan Gurih yang Kriuk Garing dan Bikin NagihMakanan yang Telah Digoreng/ Foto: detikfood

Makan yang digoreng sudah pasti banyak kandungan lemaknya. Apalagi jika kamu kembali memanaskannya dengan dalih 'ingin lebih hangat'. 

Makanan yang telah digoreng dan kembali digoreng akan menimbulkan penumpukan lemak jahat. Hal ini pun akan membuat penyakit kolestrol sampai obesitas mudah datang, Beauties!


4. Telur dan Ayam

Telur rebus untuk camilan saat dietTelur dan Ayam/Foto: Freepik.com/Timolina

Makanan yang tinggi protein, yaitu telur dan ayam sangat tidak disarankan untuk dipanaskan kembali. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada pencernaan. Ada baiknya, untuk sekali masak adalah sekali makan, sehingga tidak perlu dipanaskan kembali.

5. Nasi

Makanan yang menjadi santapan wajib di Indonesia ini mendapatkan peringkat tertinggi pada indeks glikemik, nasi putih juga memiliki kadar gula yang tinggi.Nasi Putih/Foto: Freepik.com/jcomp

Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Terkadang ada banyak nasi sisa yang dihasilkan setiap harinya.

Tidak ingin mubajir dan memilih untuk dipanaskan, ternyata memanaskan nasi lebih dari satu kali bisa berbahaya dan menjadi racun. Hal ini karena bakteri Bacillus Cereus yang menghasilkan spora beracun akan tumbuh dan berkembang biak, sehingga menimbulkan keracunan saat dikonsumsi.

Beauties, itu dia daftar makanan deretan bahaya menghangatkan makanan. Mengatasi hal ini, penting untuk kita memasak secukupnya untuk sekali makan saja. Selain menghindari pertumbuhan bakteri, ini pun akan membuat nutrisi dari setiap makan tetap terjaga. 

Lebih baru Lebih lama