7 Ide Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan, Tenang... Harganya Terjangkau kok!

 7 Ide Souvenir Pernikahan yang Unik dan Ramah Lingkungan, Tenang... Harganya Terjangkau kok!


BEGINI.ID - Souvenir pernikahan merupakan bentuk apresiasi kepada tamu undangan yang telah hadir meluangkan waktunya di hari bahagiamu. Jadi jika kamu ingin hari spesialmu selalu diingat oleh para tamu undangan, maka tipsnya adalah berikan hadiah souvenir pernikahan yang unik.

Selain unik, akan lebih bagus lagi bila kamu memilih barang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan sebagai souvenir pernikahan. Eits, nggak melulu harus mahal, contek inspirasi souvenir pernikahan yang terjangkau tapi tetap unik di bawah ini yuk, Beauties!

1. Bibit Tanaman atau Sukulen

souvenir pernikahan
Tanaman sukulen/Foto: Pinterest.com/Projetonoivinha.com.br

Karena hobi berkebun sedang populer, ide menjadikan bibit tanaman atau sukulen sebagai souvenir pernikahan adalah pilihan cerdas. Terlebih, ide ini cocok banget bagi kamu yang menerapkan konsep pernikahan outdoor agar sekaligus bisa menghiasi venue acara.

Sebaiknya pilih bibit tanaman yang berguna dan mudah tumbuh, contohnya kemangi, pakcoy, cabai, daun mint atau tanaman bunga. Bila kamu memilih tanaman sukulen, tempatkanlah di pot kecil berbalut kain goni, tali rami, dan paper card untuk ucapan supaya mirip bouquet bunga. Wah, pasti jadi semakin rustic!

2. Tea in Tube

souvenir pernikahan
Tea in tube/Foto: Pinterest.com/Mesnetdesign

Teh organik kering yang diseduh dengan air hangat mampu merelaksasi tubuh dan menaikkan mood seseorang. Nah, ini juga bisa jadi ide bermanfaat buat cinderamata pernikahan.

Tea in tube, atau teh organik yang dikemas ke dalam tube kaca/akrilik, sedang tren di luar negeri karena dinilai praktis sebagai hadiah. Kamu bisa memilih teh hijau, teh chamomile, teh bunga telang maupun teh earl grey.

3. Alat Masak Kayu

souvenir pernikahan
Alat masak kayu/Foto: Pinterest.com/Haimuna Souvenir

Souvenir dari alat masak kayu boleh jadi alternatif pilihan selain alat makan plastik. Pilihannya ada banyak lho, bisa sendok kayu, piring kayu, sutil kayu atau talenan kayu yang berukuran kecil supaya memudahkan tamu saat membawanya. Dijamin, souvenir pernikahanmu bakal dipakai terus oleh si penerima di rumah mereka.

4. Snack Cantik

souvenir pernikahan
Snack cantik/Foto: Pinterest.com/Revista artesanato

Memberi buah tangan pernikahan berupa makanan manis pasti menjadi ide yang unik dan enak. Bahkan, kamu bisa mendesain sendiri souvenir pernikahanmu supaya lebih murah.

Beli permen atau cokelat secara kiloan, kemudian masukkan ke dalam toples bening kecil yang diberi hiasan kain, tali rami, dan paper card. Ide lainnya, kamu bisa membuat sendiri kue-kue cantik berupa cookies, macarooncupcake, atau donat yang diberi sentuhan personal seperti inisial pengantin. Lalu tinggal taruh deh, di kotak mika.

5. Sabun Organik

souvenir pernikahan
Sabun organik/Foto: Pinterest.com/Ththbridesmaids

Sabun organik handmade yang dikemas dengan cantik sanggup membuat souvenir kamu makin spesial dan mengesankan. Sabun organik biasanya tersedia dalam berbagai aroma, seperti vanila, kopi, jeruk, atau lavender. Produk ini juga bebas dari kandungan deterjen, paraben, dan alkohol sehingga aman bagi kulit sensitif.


6. Slipper

souvenir pernikahan
Sandal hotel/Foto: Pinterest.com/Prezzely

Tak ada salahnya memberikan cenderamata pernikahan unik berupa slipper atau sandal hotel. Bisa jadi, sandal ini bakal berguna banget bagi tamu undangan yang memakai heels tinggi lalu merasa kakinya kelelahan di akhir acara. Jangan lupa, request tulisan nama kamu dan pasangan pada bagian atas sandal.

7. Masker

souvenir pernikahan
Masker/Foto: Pinterest.com/Adamappleconfetti

Inspirasi souvenir murah yang satu ini pasti bakalan diincar oleh para tamu undangan di masa pandemi Covid-19. Masker ini sekalian bisa jadi cadangan apabila masker yang mereka gunakan telah rusak atau kotor. Masukkan masker ke dalam kantong ziplock silikon agar terjamin higienitasnya. Protokol kesehatan jadi selalu terjaga deh, selama acara pernikahan berlangsung!

Lebih baru Lebih lama