5 Bahan Aktif pada Skincare yang Dipercaya Bisa Perkuat Skin Barrier

 5 Bahan Aktif pada Skincare yang Dipercaya Bisa Perkuat Skin Barrier


BEGINI.ID - Bahan aktif yang terdapat pada produk skincare memiliki fungsi berbeda yang sudah semestinya disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Kulit wajah yang normal memiliki skin barrier yang sehat, di mana lapisan terluar dari kulit wajah ini berfungsi melindungi kulit dari berbagai kerusakan seperti iritasi, kulit kering, kusam, termasuk dari polusi lingukungan. 

Dokter kulit bersertifikat di New York Hadley King M.D, menjelaskan, skin barrier yang sehat sangat penting untuk fungsi kulit normal. Demikian seperti yang dilansir dari laman MBG Lifestyle. Untuk menjaga skin barrier tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Salah satunya dengan memilih produk skincare dengan bahan aktif yang tepat. Berikut bahan aktif pada skincare yang baik untuk menjaga skin barrier tetap sehat: 

1. Squalane 

Squalane
Squalane/Foto : pexels.com/Jill Burrow

Melansir dari laman Healthline, squalane dapat membantu meningkatkan hidrasi dan membuat kulit lebih cerah. Antioksidan yang ada pada squalane juga membantu melawan radikal bebas, melindungi skin barrier kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit wajah. 

Rata-rata squalane menjadi kandungan utama untuk produk seperti pelembap atau serum yang bisa digunakan setiap hari untuk melindungi kulit dari faktor yang bisa merusak skin barrier. Kandungan ini juga dinilai aman untuk kulit yang berjerawat dan bisa mengatasi pori-pori besar. 


2. Ceramides

Ceramides
Ceramides/Foto : pexels.com/Polina Kovaleva

Kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dan perawatan yang tepat, bisa menjadi kering, muncul kerutan, dan melemahkan fungsi skin barrier. Di sinilah peran ceramides untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah, mengatasi kerutan, dan melindungi permukaan kulit wajah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Paula's Choice. 

Dibandingkan dengan retinol, niacinamide, peptides, kandungan ceramides dinilai lebih optimal untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dan mengatasi kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari. 


3. Niacinamide

Niacinamide
Niacinamide/Foto : pexels.com/Jill Burrow

Kalau mendengar niacinamide, mungkin kita lebih akrab dengan kandungan yang baik untuk mencerahkan kulit kusam dan memudarkan flek hitam. Tidak hanya itu, niacinamide juga bisa memperkuat skin barrier kulit wajah. 

Dokter kulit Sam Bunting yang dilansir dari laman Get The Gloss menjelaskan, niacinamide akan meningkatkan fungsi skin barrier dengan memproduksi ceramide yang membantu menjaga struktur dan kelembapan skin barrier

4. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid
Hyaluronic Acid/Foto : pexels.com/Mathilde Langevin

Kulit kering dan kusam merupakan permasalahan kulit yang sering terjadi jika skin barrier tidak dalam keadaan baik. Salah satu kandungan yang bisa mengembalikan kelembapan kulit wajah dan mencegah wajah tidak kusam adalah hyaluronic acid. 

Melansir dari laman Art of Skincare, hyaluronic acid bekerja dengan menarik kelembapan dan merevitalisasi permukaan kulit untuk menghidrasi kulit yang kering. Kandungan ini juga meningkatkan stabilitas vitamin C dan mencerahkan permukaan kulit wajah yang kusam. 

5. Centella Asiatica

Centella Asiatica
Centella Asiatica/Foto : pexels.com/cottonbro

Centella asiatica atau cica banyak digunakan pada produk skincare yang berfokus pada jerawat, kulit kemerahan, dan sensitif. Dokter kulit di Los Angeles, Ava Shanban yang dilansir dari laman Happi menjelaskan, cica kaya akan kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang tinggi. 

Kandungan ini baik untuk memperbaiki kulit wajah yang berjerawat, meredakan kemerahan akibat iritasi, dan melindungi skin barrier kulit wajah. Saat ini, cica menjadi salah satu bahan aktif pada skincare yang banyak digunakan sebagai kandungan utama pada sebuah produk. 


Lebih baru Lebih lama