Nggak Perlu Beli Seprai Tiap Tahun, Ini 4 Trik Merawatnya Supaya Awet


 BEGINI.ID - Kenyamanan tidur tak hanya ditentukan oleh kasur yang empuk. Ada banyak faktor, salah satunya adalah pemilihan seprai buat dipakai tidur. Seprai yang bersih serta nyaman memang bisa membuat kualitas tidur semakin membaik, lho


Tak perlu beli seprai yang harganya mahal, kok. Cukup rawat seprai lama kepunyaan kamu dengan beberapa trik khusus. Merawat seprai secara rutin pun bisa membuatnya awet, bahkan selama bertahun-tahun. Melansir dari One King Slane, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa kamu coba.

Cuci Seprai Sesaat Setelah Dibeli

cuci sprei
cuci seprai/Foto:pexels.com/cottonbro

Beauties, seprai yang baru dibeli tidak selalu higienis. Warnanya yang terkesan baru dan mencolok bukan jaminan bahwa seprai sudah bersih. Sebelum digunakan, Alangkah baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu. Cuci seprai terlebih dahulu ke dalam mesin cuci selama beberapa menit dan keringkan sebelum digunakan. 

Jangan Mencampur Seprai dengan Cucian Lain

sprei awet
Seprai awet/Foto:pexels.com/daria

Beauties, jangan sampai sekalipun mencampurkan seprai dengan cucian lainnya, ya. Bahan seprai yang halus akan rusak teksturnya saat terkena pakaian berbahan kasar seperti jeans. Nah, sebaiknya gunakan keranjang terpisah supaya Beauties bisa lebih mudah memisahkannya dengan pakaian lain. 

Gunakan Air Bersuhu Sedang

air bersuhu sedang
air bersuhu sedang/Foto:pexels.com/daria

Tingkatan suhu air yang digunakan untuk mencuci mempengaruhi kualitas kain seprai, lho. Khusus kamu yang akan mencuci seprai, sebaiknya gunakan air dengan suhu sedang. Temperatur maksimal suhu air adalah 50 derajat celcius saja. Jangan mencuci seprai menggunakan air hangat atau panas supaya teksturnya tidak rusak. Jemur seprai dengan angin-angin saja, dan hindarkan dari panas matahari menyengat.

Hindari Penggunaan Pemutih Pakaian

Beauties, siapa sangka mencuci menggunakan pemutih pakaian justru membuat kain seprai mudah sobek dan rusak. Warnanya pun mudah pudar saat diberikan pemutih pakaian. Lagi pula, penggunaan pemutih justru memaksa kamu mengucek pakaian dengan lebih cepat. Akibatnya, kain seprai pun jadi rusak.

Hindari Mencuci Seprai dengan Sikat 

mencuci sprei dengan sikat
mencuci seprai dengan sikat/Foto:pexels.com/cottonbro

Beauties, hindari banget mencuci seprai menggunakan sikat. Usahakan cukup dikucek pakai tangan atau pakai mesin cuci saja. Kain seprai diproduksi menggunakan serat kain yang halus dan tipis sehingga akan rusak apabila disikat.

Lebih baru Lebih lama