Minum Kunyit Bisa Redakan Nyeri Menstruasi, Mitos atau Fakta? Yuk, Cari Tahu di Sini!



 Minum Kunyit Bisa Redakan Nyeri Menstruasi, Mitos atau Fakta? Yuk, Cari Tahu di Sini!


BEGINI.ID - Bagi sebagian perempuan, menstruasi bisa menjadi satu momen traumatis yang paling ditakuti. Ini disebabkan karena pada fase menstruasi, sebagian perempuan akan merasakan nyeri yang cukup mengganggu di bagian perut ataupun pinggang mereka.

Tentu kamu nggak mau kan kalau nyeri menstruasi sampai membuat rencanamu berantakan? Jangan khawatir, ternyata ada satu bumbu dapur yang diketahui cukup efektif dalam meredakan nyeri saat datang bulan. Bumbu tersebut adalah kunyit.

Lantas, bagaimana cara kerja kunyit sehingga bisa meredakan nyeri saat menstruasi? Simak pembahasannya ya!

Kunyit Bisa Bantu Redakan Nyeri Saat Menstruasi

Kunyit bantu redakan nyeri haid
Kurkumin pada kunyit tekan laju hormon prostaglandin/Foto: Pixabay.com

Nyeri menstruasi atau dikenal juga dengan istilah dismenorea terjadi karena kurangnya suplai oksigen yang masuk ke rahim akibat kontraksi kuat pada dinding rahim sesaat sebelum meluruh. Kontraksi yang kuat ini dipicu oleh kehadiran hormon prostaglandin, yaitu hormon yang diproduksi oleh tubuh perempuan pada saat siklus menstruasi sedang berlangsung. Kadar prostaglandin yang tinggi inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan kram pada saat menstruasi datang.

Tumbuhan dengan nama latin Curcuma longa ini diketahui mengandung senyawa kurkumin. Senyawa kurkumin sendiri diketahui mampu menekan laju masuknya ion kalsium ke dalam sel epitel rahim yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon prostaglandin. Akibatnya, kadar hormon prostaglandin yang berhasil diproduksi tidak terlalu banyak, sehingga rasa sakit yang ditimbulkan pun akan terminimalisir dengan sendirinya.

Dokter Sarankan Minum Kunyit Jelang Menstruasi

Ilustrasi kram tak tertahankan saat menstruasiIlustrasi kram tak tertahankan saat menstruasi/Foto: Freepik.com/@kroshka__nastya

Berbagai penelitian telah membuktikan keefektifan dari senyawa kurkumin dalam kunyit untuk membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi berlangsung. Tidak sedikit juga dokter yang menyarankan kepada pasiennya untuk rutin mengonsumsi air kunyit menjelang haid demi mencegah terjadinya rasa sakit yang hebat.


Resep Minuman Kunyit untuk Redakan Nyeri Menstruasi

Kunyit bantu redakan nyeri haid
Ilustrasi segelas air kunyit/Foto: Unsplash.com

Setelah tahu manfaat kunyit yang sudah terbukti secara ilmiah untuk bantu meredakan nyeri haid, mungkin kamu penasaran bagaimana cara mengonsumsinya. Yuk, langsung saja simak tips membuat minuman kunyit yang enak berikut ini.

Bahan:

  • 1 buah kunyit (bisa pakai ukuran 75-100 gram)
  • 30 gram gula merah (Bisa diganti dengan gula pasir ataupun madu)
  • 300 ml air

Cara Membuat:

  1. Pertama, kupas kulit kunyit dan parut hingga halus.
  2. Iris-iris tipis gula merah agar lebih mudah larut di dalam air.
  3. Tuang air ke dalam panci kemudian masukkan parutan kunyit beserta gula merah.
  4. Rebuslah minuman kunyit ini sampai mendidih atau sekitar 20 menit.
  5. Setelah direbus selama 20 menit, matikan kompor dan tunggu hingga suhunya tidak terlalu panas.
  6. Segelas air kunyit siap disantap.

Mudah dan praktis, kan? Supaya lebih praktis lagi, kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah yang lebih banyak agar bisa disimpan di dalam kulkas. Jadi jika sewaktu-waktu kamu ingin mengonsumsi minuman kunyit saat menstruasi, kamu nggak perlu repot lagi deh untuk membuatnya. Selamat mencoba ya!

Lebih baru Lebih lama