3 Kebiasaan Ini Sering Dianggap Sepele, Padahal Bisa Membunuh Produktivitas, Lho! Bisa Tebak?

 3 Kebiasaan Ini Sering Dianggap Sepele, Padahal Bisa Membunuh Produktivitas, Lho! Bisa Tebak?

BEGINI.ID - Menjadi produktif dan menyelesaikan pekerjaan atau kegiatan tepat waktu mungkin menjadi hal yang dibutuhkan hampir semua orang. Biasanya, tingkat produktivitas seseorang bisa dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang sering ia lakukan.

Namun, tahukah kamu bahwa ada kebiasaan-kebiasaan yang sering dianggap sepele dan tidak disadari, namun sebenarnya bisa membunuh produktivitas?

Yuk, cari tahu kebiasaan buruk yang bisa membunuh tingkat produktivitas setiap hari di bawah ini!

Selalu Mengatakan Ya Setiap Saat

workaholic / freepik.com / wayhomestudioSulit menolak permintaan orang lain/Foto: Freepik.com/wayhomestudio



Sulit menolak dan selalu mengatakan ya pada setiap pekerjaan bisa membunuh kreativitas, lho! Kok bisa ya?

Jika kamu selalu mengatakan ya, waktu yang kamu miliki hanya akan habis melakukan pekerjaan yang seharusnya tidak kamu kerjakan. Sekilas memang terlihat seakan-akan kamu sangat produktif, selalu bekerja dan terlihat sibuk. Namun, lama-kelamaan, energi yang kamu miliki akan terkuras sehingga sulit untuk menyelesaikan pekerjaan yang memang jadi tanggung jawab.


Terlalu Perfeksionis

September dikenal orang yang perfeksionisTerlalu perfeksionis/Foto: Freepik/Wayhomestudio



Salah satu sifat yang bisa membunuh produktivitas adalah perfeksionis atau menginginkan segala sesuatunya sempurna.

Kamu selalu berusaha untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas, yang mana memang merupakan sesuatu yang baik. Namun, ada kalanya tidak apa-apa jika hal yang kamu lakukan tidak sempurna, terutama saat pertama kali mencoba, Beauties.

Jangan menghabiskan waktu hanya untuk terfokus pada satu pekerjaan atau kegiatan, sehingga yang lainnya menjadi terbengkalai. Jika kamu merasa sudah melakukan yang terbaik, maka itu sudah cukup dan beralihlah ke pekerjaan lain agar waktu tidak terbuang sia-sia dan kamu bisa jadi lebih produktif.


Sulit Membuat Keputusan

Terlalu banyak mikir, Pisces malah jadi bingung saat dihadapkan oleh pilihan/Foto: freepik.comSulit membuat keputusan juga bisa membunuh produktivitas, lho!/Foto: Freepik



Beauties, apakah kamu sering merasa sulit keputusan, bahkan yang sederhana sekalipun? Sebagai contoh, kamu bisa menghabiskan hampir setengah jam dari waktu makan siang hanya untuk memilih antara nasi padang atau soto. Apakah kamu merasa relate?

Memang, penting untuk mempertimbangkan berbagai keputusan yang ada agar hasil yang diterima maksimal. Namun, jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk sebuah keputusan yang sederhana, bisa bayangkan berapa lama yang kamu butuhkan untuk keputusan yang besar?

Cobalah untuk membiasakan membedakan keputusan sehari-hari yang sederhana dengan yang kompleks. Tanyakan pada diri sendiri, apakah keputusan yang kamu ambil benar-benar penting dalam seminggu, sebulan, atau bahkan setahun.


Membandingkan Tingkat Produktivitas Diri Sendiri dengan Orang Lain

Cara mengatasi iri hati dengan berhenti membandingkan diri.Membandingkan tingkat produktivitas diri sendiri dengan orang lain/Foto: Freepik



Satu hal yang juga bisa membunuh produktivitas adalah membandingkan tingkat produktivitas kamu dengan milik orang lain. Padahal, setiap individu memiliki cara tersendiri dalam melakukan dan menyelesaikan sesuatu.

Hanya karena orang lain melakukan sesuatu lebih cepat, bukan berarti mereka lebih produktif, lho. Alih-alih fokus mengamati pekerjaan orang lain, cobalah untuk fokus pada diri sendiri. Jika ingin membandingkan, lakukanlah hanya dengan tingkat produktivitas kamu sebelumnya.

Lebih baru Lebih lama