Sunscreen Bikin Mata Pedih, Cek Komposisinya Sekarang Juga! Mungkin Bahan Ini Penyebabnya

 Sunscreen Bikin Mata Pedih, Cek Komposisinya Sekarang Juga! Mungkin Bahan Ini Penyebabnya

BEGINI.ID - Penelitian yang menunjukkan sinar ultra violet (UV) pada matahari adalah sinar yang dapat meningkatkan kerusakan kulit dan kanker, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menghalaunya dengan menggunakan sunscreen. Namun, tak jarang, penggunaan sunscreen meninggalkan rasa pedih di mata setelahnya.


Padahal, bagian mata adalah bagian yang tidak bisa dihindarkan dari penggunaan krim tabir surya. Jika hal ini pernah kamu rasakan, mungkin kamu perlu cek ingredients atau komposisi dari tabir surya yang kamu pakai.

Dikutip dari website Anak Cosmestics, kandungan avobenzone merupakan penyebab di balik rasa tidak nyaman dan menyengat di sekitar mata ketika kamu mengapliksikannya di wajah, bahkan ketika wajahmu tidak berkeringat sama sekali. 

sunscreenIlustrasi sunscreen. / Foto: pexels.com/anna shvets

Di sisi lain, Kory S. Cummings, OD, seorang dokter mata di Fort Worth, Texas, yang dikutip dari website Essilor USA mengatakan untuk menghindari sunscreen dengan bahan kimia octyl methoxycinnamate, karena bisa memberi sensasi menyengat pada mata.

Sebaliknya, dikutip dari kedua website di atas, sunscreen dengan kandungan zinc atau titanium dioxide merupakan pilihan terbaik, sebab terbukti tidak meninggalkan pedih di area mata. Selain itu, menurut Susan Boiko, MD, seorang dokter kulit di California, AS, yang dikutip dari Skin Cancer, kandungan tersebut juga baik untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Sunscreen untuk kulit berjerawat/ sumber: pexels.com/ Anna NekrashevichIlustrasi sunscreen (Foto: pexels.com/Anna Nekrashevich)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

So, jika kamu merasa sunscreen-mu bikin pedih di mata, coba cek lagi daftar komposisi di dalamnya. Jika rasa pedih berlanjut menjadi iritasi, segera hentikan dan hubungi dokter, ya, Beauties!

Lebih baru Lebih lama