Sepatu Bau Apek di Musim Hujan? Tenang, Ada Solusinya Kok!

 Sepatu Bau Apek di Musim Hujan? Tenang, Ada Solusinya Kok!

BEGINI.ID - Musim hujan sudah datang. Artinya, kamu harus siap-siap dengan semakin seringnya sepatu jadi basah dan berbau apek. Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau sepatu yang tidak sedap.

Jemur dan Angin-Anginkan

Sebelum memastikan sepatu tidak bau, kamu harus menjemur dan mengangin-anginkan sepatu terlebih dulu untuk membuatnya jadi kering. Sepatu yang dibiarkan basah akan menjadi sarang bakteri dan jamur. Jadi, sebisa mungkin manfaatkan sinar matahari dan angin untuk membuat sepatu kamu kering setelah kehujanan.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat menghilangkan bau tak sedap di kulkasBubuk Kopi/ Foto: Pexels.com/Michael Burrows

Setelah sepatu kering, kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu menggunakan bubuk kopi. Selama ini bubuk kopi memang terkenal bisa menetralkan bau. Kamu bisa memasukkan bubuk kopi ke dalam kantong atau kertas, lalu sisipkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar kandungannya bisa menyerap bau pada sepatu.

Kulit Jeruk

Mengoleskan kulit jeruk pada gigi membantu hilangkan plak gigi/ Foto: Freepik.comKulit jeruk/ Foto: Freepik.com

Setelah makan jeruk, kulitnya jangan dibuang dulu. Kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan bau pada sepatu. Kulit jeruk memang punya aroma yang cukup kuat. Sehingga, aroma ini bisa bantu menghilangkan bau pada sepatu. Bonusnya, sepatu kamu kini akan memiliki aroma jeruk yang segar.

Koran Bekas

Mengisi TTS atau membaca koran di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/lookstudioKoran bekas/Foto: freepik/lookstudio

Koran bekas juga bisa lho kamu manfaatkan untuk menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Koran bekas bisa menyerap kelembapan pada sepatu dan menetralisir aromanya. Kamu hanya perlu meremas satu hingga 2 lembar koran, lalu masukkan ke dalam sepatu hingga seluruh bagiannya penuh.

Cara ini juga bisa kamu lakukan saat ingin menyimpan sepatu di rak untuk memastikan sepatu tidak bau dan bentuk sepatu tetap kokoh.

Teh Celup

Ilustrasi: kantung teh celup bekas untuk obat sariawanTeh celup/ Foto: Freepik.com

Ingin cara yang lebih praktis? Kamu bisa menggunakan teh celup untuk menghilangkan bau pada sepatu. Cukup sisipkan satu hingga dua teh celup pada sepatu kamu. Diamkan semalaman dan biarkan teh celup bekerja menghilangkan bau pada sepatu kamu.

Baking Soda

Baking soda dalam mangkokBaking soda/ Foto: Freepik.com

Jika di dapur kamu ada baking soda, bisa juga nih dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Kamu bisa menempatkan baking soda pada kantung atau pun kaus kaki bekas yang tidak terpakai. Lalu, cukup sisipkan ke dalam sepatu kamu.

Lebih baru Lebih lama