Rambut Rontok Terus? Jangan-jangan Ada yang Salah dengan Sisir Kamu!

 Rambut Rontok Terus? Jangan-jangan Ada yang Salah dengan Sisir Kamu!

BEGINI.ID - Kesal karena rambut rontok terus? Ada banyak kemungkinan kenapa rambut bisa rontok. Mulai dari rambut yang rusak karena terlalu sering di-styling dan diberi proses kimia, masalah kesehatan tubuh, hingga karena kebiasaan menyisir yang salah. Seperti apa?

1. Menyisir Saat Rambut Masih Basah

KeramasKeramas/sumber: freepik.com

Kalau kamu terbiasa menyisir rambut langsung setelah keramas, sebaiknya hentikan ya, Beauties. Menyisir rambut saat kondisinya masih basah bisa membuat rambut rontok. Pori-pori kulit kepala yang terbuka saat keramas membuat akar rambut jadi lebih rapuh.

Ketika kamu menyisir, tarikan pada rambut akan membuat helaiannya lepas dari pori-pori kulit kepala. Sebaiknya, keringkan rambut dengan handuk dan diangin-anginkan hingga kering baru disisir.

2. Salah Memilih Sisir

Sisir Rambut Sebelum KeramasSisir Rambut / Foto : freepik.com

Ada begitu banyak bentuk sisir yang disesuaikan dengan kegunaannya. Kalau rambutmu rontok, bisa jadi itu karena jenis sisir yang kamu pakai salah. Kalau rambutmu keriting, piihlah sisir yang bergigi jarang. Buat kamu yang punya rambut tipis, pilih sisir yang punya bantalan lembut untuk meredam tekanan pada kulit kepala dan akar rambut.

Sementara kalau kamu punya rambut panjang, pakai sisir yang pipih dan panjang untuk mengatasi kekusutan dan merapikan rambut kamu.

3. Menyisir dari Akar Rambut dengan Kasar

Memang apa salahnya menyisir dari akar rambut? Beauties, untuk menghindari rambut rontok, sisirlah rambut perlahan mulai dari ujungnya, baru pelan-pelan naik ke akar rambut.

Jika rambut kamu kusut, menyisir rambut dari akar ke ujung rambut hanya akan membuatnya jadi makin kusut. Sementara kalau kamu mulai menyisir dari bawah, rambut kusut bisa diminimalisir dan membuat rambut rontok pun berkurang.

4. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Meminjam sisirTerlalu sering sisir rambut/ Foto: Freepik.com

Terlalu sering menyisir rambut bisa jadi alasan kenapa rambut kamu rontok. Hal ini terjadi karena terjadi tekanan yang berlebihan pada akar rambut. Sebaiknya, cukup sisir rambut kamu setelah mandi, atau saat rambut kamu benar-benar berantakan. Kamu juga bisa menggunakan jari tangan untuk menyisir rambut dibandingkan menggunakan sisir plastik.

Lebih baru Lebih lama