Rahasia Otak Cerdas Orang Singapura, Negara Kecil Tapi Maju!

 Rahasia Otak Cerdas Orang Singapura, Negara Kecil Tapi Maju!

BEGINI.ID - Singapura adalah negara tetangga yang letaknya tidak terlalu jauh dari Indonesia. Berbeda dengan Indonesia yang punya wilayah kepulauan yang sangat luas, negara Singapura punya luas wilayah yang sangat kecil.

Dikutip dari Detikcom, Negara Singapura memiliki populasi sebanyak 5,61 juta jiwa menurut data di tahun 2016. Negara ini mempunyai luas sebesar 721.5 kilo meter persegi. Berbeda jauh dari Indonesia yang punya luas wilayah mencapai 1.904.569 kilo meter persegi.

Meskipun luas wilayahnya kecil, World Population Review menyebut Singapura menempati ranking pertama sebagai negara dengan skor IQ tertinggi di dunia, yakni 108. Lalu, apa sih rahasia kecerdasan dari warga Singapura?

1. Pendidikan Sebagai Aset

Setelah berhasil merdeka dari penjajahan Inggris, warga dan pemerintah Singapura sadar jika negara mereka tidak memiliki apa-apa. Sumber daya alam mereka nyaris tidak ada. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk membangun sumber daya manusia melalui pendidikan. Bagi mereka, pendidikan adalah aset agar generasi muda yang cerdas mampu memajukan negara.

2. Kurikulum Ketrampilan

Di Indonesia, kebanyakan sekolah mengajarkan teori kepada para muridnya. Berbeda dengan di Singapura. Sekolah-sekolah di Singapura lebih menekankan bagaimana ilmu yang dipelajari dapat diaplikasikan dalam kehidupan sesungguhnya.

Mereka memiliki kurikulum yang menjunjung tinggi ketrampilan siswa. Bahkan, sistem pembelajaran di kelas lebih banyak diskusi dan pelajaran praktis dibandingkan teori yang memusingkan.

3. Pendidikan Guru

Untuk menghasilkan siswa yang cerdas, sangat perlu adanya guru yang berkualitas. Singapura sangat menyadari hal ini. Profesi guru di singapura hanya bisa dilakukan oleh 5% orang yang punya nilai kelulusan tertinggi. Calon guru pun harus menempuh pendidikan National Institute of Education (NIE) untuk menjamin kualitas guru di negara tersebut.

4. Memahami Tujuan Pendidikan

Sudah disebutkan sebelumnya kalau pemerintah Singapura bekerja keras menjadikan sumber daya manusia warganya sebagai aset. Tujuan ini dipahami benar oleh seluruh warganya. Warga di Singapura tahu jika sistem pendidikan yang mereka tempuh telah dirancang untuk kebaikan diri mereka dan negaranya.

Warga Singapura juga sangat taat pada aturan, sehingga tidak sulit untuk memastikan warga Singapura disiplin menjalankan sistem pendidikan ini.

Lebih baru Lebih lama