Penuaan di Usia 40an, Apa Ciri-Cirinya?

 Penuaan di Usia 40an, Apa Ciri-Cirinya?

BEGINI.ID - Penuaan bukanlah hal yang bisa dihindari, tapi tanda penuaan bisa ditunda kehadirannya kalau kamu melakukan perawatan dengan skincare yang tepat serta menjaga gaya hidup agar tetap sehat. Tapi sebelumnya, kenali dulu tanda-tanda penuaan di usia 40an.

1. Muncul Garis-Garis Halus

Penyebab Munculnya Garis Halus dan Keriput Pada Wajah/freepik.comGaris halus/ Foto: freepik.com

Tanda awal penuaan dini adalah munculnya garis-garis halus pada wajah. Biasanya, garis-garis halus dimulai dari area bawah mata dan dahi. Garis-garis halus di bawah mata bisa dikurangi dengan penggunaan eye cream secara teratur.

Tapi, jangan gunakan eye cream saat usia kamu sudah memasuki 40an. Mulailah menggunakan eye cream lebih awal, yakni sejak memasuki usia 20 tahun agar kemunculan garis halus bisa dicegah.

2. Kulit Kusam

Kulit kusam akibat berlebihan minum kopi/ Foto: freepik.comKulit kusam/ Foto: freepik.com

Sering merasa kulit jadi lebih kusam akhir-akhir ini? Bisa jadi itu merupakan tanda-tanda penuaan. Kulit yang kusam biasanya terjadi karena kamu terlalu sering terpapar sinar UV. Kamu pasti sudah tahu kan kalau sinar UV punya efek buruk untuk kulit?

Tanda penuaan akibat kulit kusam bisa kamu atasi dengan rajin mengeksfoliasi kulit dan menggunakan skincare berbahan aktif niacinamide.

3. Muncul Flek Hitam

Penyebab flek hitam membandelFlek hitam / Foto: Freepik.com

Flek hitam ternyata bukan hanya berasal dari bekas jerawat. Tapi, flek hitam juga bisa jadi merupakan tanda-tanda penuaan di usia 40 tahunan. Flek hitam ini akan tampak sebagai titik yang tidak terlalu menonjol, namun tetap terlihat jika diperhatikan. Biasanya, pemilik kulit sensitif akan lebih banyak memiliki flek hitam dibandingkan orang dengan kulit normal.

4. Kulit Kendur

Manfaat Marine CollagenKulit kendur/ Foto: Freepik.com

Kulit kendur adalah tanda yang jelas dari penuaan di usia 40an. Kulit akan kehilangan elastisitas dan tampak lebih tipis seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung retinol.

Selain itu, pijat wajah secara rutin dengan menggunakan tangan ataupun dengan face roller untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur.

5. Kerutan

Penyebab Munculnya Garis Halus dan Keriput Pada Wajah/freepik.comKeriput/ Foto: freepik.com

Jika garis halus tidak segera ditangani, maka bisa berubah menjadi kerutan. Kerutan pada kulit 40 tahunan akan lebih tampak pada bagian mata, dahi, dan garis senyum.

Selain menggunakan skincare berbahan aktif untuk memperlambat penuaan pada kulit, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen. Sunscreen bisa melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV yang memicu kerusakan sel kulit.

Lebih baru Lebih lama