Mungkinkah Tipe Kepribadian Seseorang Bisa Berubah Seiring Berjalannya Waktu?

 Mungkinkah Tipe Kepribadian Seseorang Bisa Berubah Seiring Berjalannya Waktu?

BEGINI.ID - Setiap orang dapat memiliki kepribadian yang berbeda dan hal itu yang membuatnya unik. Bahkan, untuk anak yang terlahir kembar pun bisa punya kepribadian yang berbeda lho, Beauties.

Kalau kamu merasa punya perbedaan itu dengan kakak atau adikmu yang mana bikin kamu jadi merasa bersalah, ketahuilah bahwa tiap kepribadian punya sisi kuat dan sebaliknya. Artinya nggak ada orang yang sempurna di dunia ini.

Namun, terkadang banyak orang yang berpikir ingin mengubah kepribadiannya agar dapat hidup lebih baik. Lantas, bisakah?

Bisakah Kepribadian Seseorang Berubah?

Ilustrasi sedih karena patah hati. (Freepik)Ilustrasi murung dari semulanya ceria, kepribadian yang berubah? /Foto: Freepik.com

Mengutip laman 16 Personalities, hal itu nggak mudah. Menurut banyak teori tentang kepribadian, kepribadian itu sendiri merupakan bawaan dari lahir.


Meski begitu, seseorang dapat mengembangkan sifat dan kebiasaan yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan tipe kepribadian mereka. Contohnya begini, misal kamu tipikal orang yang kasual dan suka spontanitas.

Tapi kebetulan kamu bekerja di tempat yang begitu terstruktur soal prosedur, ditambah atasanmu yang strict. Akhirnya, mau nggak mau kamu mesti mengikutinya. Kamu jadi nggak spontan lagi. Namun, kamu akan kembali menjadi kamu yang spontanitas, ketika misalnya sistem di kantor itu berubah, atau kamu resign dari kantor itu.


Empat hormon yang bisa bikin bahagia. (Freepik)Ilustrasi menyesuaikan diri saat bekerja. /Foto: Freepik.com

Ini artinya, masih dari laman 16 Personalities, menyebut bahwa tipe kepribadian nggak bisa berubah, Beauties. Namun sekali lagi, dirimu bisa, dan bahkan harus mengubah aspek dari karakter dirimu, yang kamu sadari bikin nggak bahagia.

Dengan begitu kamu akan jadi pribadi yang lebih bahagia, meski sifat dari bawaan lahir sebenarnya tetap sama. Perubahan diri memang dapat dipicu dari lingkungan maupun keinginan diri untuk berubah.

Menambahkan dari laman Psychology Today, menurut studi, seseorang yang ingin mengubah diri menjadi lebih baik, itu bisa saja dilakukan dengan giat dan konsisten berlatih menjadi seperti yang diharapkan.

Misal, sebelumnya kamu sangat tertutup menjadi berani untuk terbuka, lalu soal kestabilan emosi, dan mengembangkan sifat-sifat lainnya yang diinginkan.

Lebih baru Lebih lama