Mood Swing Menjelang Menstruasi? Begini Cara Jadi Lebih Kalem

 Mood Swing Menjelang Menstruasi? Begini Cara Jadi Lebih Kalem

BEGINI.ID - Sudah jadi rahasia umum kalau mood perempuan akan berubah-ubah saat menjelang menstruasi. Bukan hal yang aneh karena saat menjelang menstruasi, terjadi perubahan hormon yang cukup drastis.

Meskipun begitu, kita harus bisa mengendalikan perasaan saat terjadi perubahan hormon ini. Jangan sampai mood swing mempengaruhi produktivitas kamu atau bahkan membuat buruk hubungan kamu dengan orang lain.

Ketahui Kapan Jadwal Menstruasi Kamu

Menggitung masa menstruasi/sumber: freepik.comJadwal menstruasi/ sumber: freepik.com

Untuk mengendalikan mood menjelang menstruasi, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu kapan masa-masa itu datang. Selalu catat jadwal menstruasi kamu, baik secara manual maupun menggunakan aplikasi.

Kelebihan mencatat tanggal menstruasi dengan aplikasi adalah kamu akan mendapatkan jadwal yang lebih lengkap tentang kapan menstruasi selanjutnya dan kapan datangnya masa subur.

Meditasi

Meditasi bisa mengurangi gejala depresiMeditasi/ Foto: Freepik.com

Untuk menenangkan perasaan saat mood swing terjadi, kamu bisa melakukan meditasi. Lakukan meditasi pada pagi dan malam hari dengan mendengarkan musik yang menenangkan. Pusatkan pikiran kamu dan rasakan hal yang membuat kamu merasa bahagia.

Meditasi bisa membantu kita menyadari keberadaan kita saat ini, sehingga tidak selalu terfokus pada penyesalan di masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan SehatMakanan Sehat/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Makanan bisa sangat berpengaruh pada kondisi mood kamu. Saat mood sedang jelek, rasanya ingin sekali mengonsumsi beragam makanan enak yang tinggi kalori. Namun, keinginan ini hanya sesaat. Jika kamu menuruti keinginan tak sehat ini, yang ada mood kamu akan semakin naik turun.

Maka dari itu, pilihlah makanan yang lebih sehat dan bernutrisi untuk dikonsumsi. Hindari makanan tinggi kafein, lemak, dan gula untuk mencegah mood kamu berantakan.

Lebih baru Lebih lama