Mengapa Kulit Jadi Mudah Berjerawat Saat Menstruasi?

 Mengapa Kulit Jadi Mudah Berjerawat Saat Menstruasi?

BEGINI.ID - Pernah tidak kamu merasa kalau kulit wajah jadi lebih mudah berjerawat saat menjelang menstruasi? Hal itu ternyata adalah hal yang wajar.

Saat menstruasi, terjadi perubahan hormon yang cukup drastis pada masa menjelang menstruasi dan pada saat menstruasi itu terjadi.

Saat Premenstrual syndrom (PMS), terjadi penurunan hormon estrogen dan progesteron. Sebaliknya, akan ada kenaikan hormon testoteron yang tinggi di tubuh kamu. Hormon testoteron inilah yang memicu produksi sebum berlebih dan memicu timbulnya jerawat.

Setelah akhirnya mestruasi datang, tingkat hormon testoteron akan turun, sementara hormon estrogen dan progesteron akan naik.

Kalau kamu belum tahu, jerawat disebabkan oleh bertemunya sebum dan bakteri. Jika wajah kamu kotor oleh polusi, sebum dan penumpukan kulit mati, maka pembentukan jerawat akan lebih mudah terjadi. Karena itu, penting untuk menjaga kulit wajah untuk mengurangi potensi munculnya jerawat.

1. Membersihkan Wajah

Kesalahan memakai sabun cuci muka pembersih wajah/foto: freepik.com/wayhomestudiopembersih wajah/ foto: freepik.com/wayhomestudio

Membersihkan wajah jadi step paling dasar yang harus kamu lakukan untuk mencegah jerawat. Kamu sebaiknya mencuci wajah setidaknya dua kali sehari, yakni saat bangun tidur dan sebelum tidur. Namun, jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan yang berdebu atau banyak berkeringat, maka kamu boleh mencuci wajah lagi.


2. Tidak Menyentuh Wajah

5 Kebiasaan Bikin Kulit Makin BerminyakMenyentuh Wajah/ Foto: freepik.com

Walaupun jerawat pada wajah sangat mengganggu, tapi jangan pernah untuk menyentuhnya ya. Tangan kamu yang kotor hanya akan mengiritasi jerawat hingga jadi makin meradang. Sebaiknya, tutup jerawat dengan pimple patch untuk mencegahnya pecah karena tak sengaja terpegang.

3. Menjaga Pola Hidup Saat Menstruasi

Lakukan olahraga di rumah secara teraturOlahraga/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Saat menstruasi, terjadi perubahan besar pada hormon tubuhmu. Agar tubuh tidak mengalami gangguan seperti jerawat, pastikan kamu menjaga pola hidup sehat. Makan makanan yang sehat, menjaga pola tidur, hingga mengurangi konsumsi kafein adalah cara yang bisa kamu lakukan.

Lebih baru Lebih lama