Kenalan dengan Niacinamide, Kandungan Skincare yang Mampu Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

 Kenalan dengan Niacinamide, Kandungan Skincare yang Mampu Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

BEGINI.ID - Niacinamide adalah salah satu kandungan yang cukup sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Mungkin kamu tidak asing dengan kandungan yang satu ini atau bahkan malah menjadi penggemar niacinamide karena cukup ampuh mengatasi berbagai masalah kulit.

Sebenarnya apa sih niacinamide dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Simak yuk!

Seputar Niacinamide

Manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit
Manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Niacinamide adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3. Zat ini terkandung dalam berbagai makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, susu, ikan, daging dan ragi. Kekurangan asupan niacinamide dapat menyebabkan gangguan pada otak, ginjal serta kulit.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide kerap kali digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, menghilangkan kerutan hingga garis-garis halus.

Yups, selain terkandung dalam makanan, niacinamide sering dijadikan sebagai bahan untuk produk perawatan kulit seperti serum, toner, pelembab, pembersih dan masker wajah.


Apa Saja Manfaat Niacinamide Untuk Kulit?

Manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit
Manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Alasan mengapa niacinamide sangat populer dalam dunia skincare, sudah pasti karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti:

  1. Dapat membantu pembentukan keratin yaitu protein yang menjaga kulit tetap sehat dan kuat.
  2. Niacinamide juga merangsang pembentukan lapisan ceramide yang berfungsi melindungi dan menjaga kelembaban jaringan kulit.
  3. Dapat juga digunakan untuk meredakan peradangan dalam pembentukan jerawat karena mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan tak hanya jerawat, niacinamide juga dapat mengatasi peradangan akibat eksim.
  4. Niacinamide dengan konsentrasi minimum 5% bahkan bisa membantu menyamarkan noda gelap karena senyawa ini bekerja menghambat pembentukan melanin dan merangsang pembentukan kolagen.
  5. Mampu mencegah penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus yang diakibatkan oleh sinar matahari polusi dan racun dari lingkungan.

Itulah deretan manfaat dari niacinamide, sehingga tak heran jika banyak digunakan dalam produk kecantikan. Jika kamu tertarik menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide, meskipun relatif aman, kamu juga perlu mengikuti instruksi yang tercantum dalam label kemasan atau mengikuti arahan dari dokter spesialis kulit untuk meminimalisir efek samping, Beauties.

Lebih baru Lebih lama