Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Senyum untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Senyum untuk Kesehatan Fisik dan Mental

BEGINI.ID - Selain sederhana dan mudah dilakukan, senyum ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita dan membuat penampilan lebih menarik. Beberapa dokter menyarankan untuk tertawa 20-30 menit per hari bisa memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. 


Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, ketika kita tersenyum dan tertawa akan mempengaruhi organ di tubuh kita dan meningkatkan kadar oksigen di jantung, paru-paru, dan otot. Tersenyum juga mengurangi rasa cemas atau tegang, dalam jangka pendek. 

Berikut manfaat tersenyum untuk kesehatan tubuh yang sudah Beautynesia rangkum dari beberapa sumber dan jarang diketahui banyak orang. 

1. Menjadi Lebih Positif

Menjadi lebih Positif
Menjadi lebih Positif/Foto : pexels.com/Daniel Xavier

Tersenyum dapat membuat pikiran lebih positif, sehingga mengurangi rasa cemas, takut, dan meyakinkan diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Dengan tersenyum saat beraktivitas juga membuat lebih produktif dan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Demikian dilansir dari laman Superior Dental Health. 

Saat istirahat, sempatkan untuk membaca atau menonton sesuatu yang lucu dan membuat tertawa, untuk membuat mood menjadi lebih baik dan tetap semangat ketika beraktivitas. 

2. Mengurangi Rasa Sakit

Mengurangi Rasa Sakit
Mengurangi Rasa Sakit/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Melansir dari Very Well Mind, sebuah penelitian menunjukkan ketika kita tersenyum, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Karena itu ketika kita sedang stres dan bercerita dengan orang lain, orang tersebut akan cenderung memberikan saran dan senyuman untuk membuat perasaan kita menjadi lebih baik dan rileks. 

3. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Terbukti jika tersenyum bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan detak jantung ketika stres atau cemas. Demikian yang dilansir dari laman United Concordia Dental. Kalau kamu mau membuktikannya, caranya cukup mudah, lho, Beauties. 

Kalau kamu punya monitor yang bisa mengukur tekanan darah di rumah, caranya dengan duduk selama beberapa menit sambil membaca buku, lalu tersenyum beberapa saat dan kembali membaca sambil tersenyum.

Lalu kamu bisa coba lihat perbedaan tekanan darah ketika membaca dengan tersenyum dan tanpa tersenyum. 

4. Membuat Perasaan lebih Baik

Membuat Perasaan lebih Baik
Membuat Perasaan lebih Baik/Foto : pexels.com/Sound On

Melansir dari laman The Dental Group, saat tersenyum tubuh akan mengeluarkan 3 hormon yang berbeda, yaitu dopamin, endorfin, dan serotonin. Hormon-hormon tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan meningkatkan perasaan menjadi lebih baik, terutama ketika beraktivitas. 

Saat tersenyum, otot-otot di wajah juga terjaga elastistiasnya sehingga dalam jangka panjang, bisa membuat wajah awet muda, tetap kencang, dan lebih sehat. 

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan Imunitas Tubuh/Foto : pexels.com/Cliff Booth

Ketika perasaan menjadi lebih rileks dan tidak mudah stres, imunitas tubuh akan meningkat dan tidak mudah sakit. Melansir dari laman Envolve Health, saat tersenyum atau tertawa akan memicu otak untuk mengeluarkan protein kecil, yaitu neuropeptida yang berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan penyakit yang berpotensi serius. 

Nah, Beauties, jangan lupa untuk selalu tersenyum setiap hari, ya! Tidak hanya untuk diri kita, tersenyum juga memiliki sifat menular dan membuat orang lain juga tersenyum. Semoga membantu! 

Lebih baru Lebih lama