Ingin Diingat Banyak Orang? Ini 3 Tips Bangun Personal Branding untuk Tampilan yang Lebih Outstanding!

 Ingin Diingat Banyak Orang? Ini 3 Tips Bangun Personal Branding untuk Tampilan yang Lebih Outstanding!

BEGINI.ID - Pernah nggak, sih, kamu berpikir jika ada yang mengajukan pertanyaan tentang siapa kamu, kamu ingin dikenal karena apa? Ingin dikenal bagaimana dan seperti apa? Bagi sebagian orang, hanya butuh satu detik aja untuk menjawabnya, tapi bagi sebagian lainnya butuh waktu lama.


Hal ini tak lepas dari soal personal branding. Personal branding nggak melulu soal bisnis, tapi tentang jati diri kamu. Personal branding adalah suatu kesan pertama yang membedakan kamu, mencerminkan siapa diri kamu, dan membangun kepercayaan orang lain terhadap kamu.

Bila dilakukan dengan benar, itu bisa menjadi aset kamu yang paling berharga. Nah, berikut adalah tiga langkah utama sebagai cara membangun personal branding yang bikin kamu makin outstanding. Dihimpun dari Brandastic, berikut ulasannya.

Kenali Diri Kamu

kenali diri sendiri
kenali diri sendiri / freepik.com / senivpetro

Langkah pertama dalam membangun personal branding ialah mengenali diri kamu sendiri. Cobalah luangkan waktu untuk belajar menilai dan memahami diri kamu dengan pikiran yang jernih tanpa dibebani dengan prasangka, harapan, ketakutan dan rasa rendah diri.

Mengetahui nilai, artinya kamu percaya pada diri kamu sendiri dan semua keputusan yang kamu buat. Personal branding harus mencerminkan kesukaan, minat, bakat, dan semua kelebihan yang kamu miliki.

Tentukan Dalam Hal Apa Kamu Ingin Dikenal

tentukan passion kamu
tentukan passion kamu / freepik.com / drobotdean

Personal branding harus mengekspresikan siapa diri kamu, apa yang kamu lakukan, dan kualitas apa yang mengekspresikan hasrat kamu. Jika kamu ingin dikenal sebagai content writer, ekspresikan diri kamu sebagai seseorang dengan keterampilan menulis dan ambisi di bidang keahlian kamu.

Untuk mengekspresikannya, kamu bisa membangun personal branding di media sosial.  Bahkan, nggak sedikit orang yang sekarang menggunakan media sosial untuk mendapatkan pekerjaan impian. Jika impian kamu adalah dibayar untuk keliling dunia, bukan nggak mungkin dimulai dari foto-foto apik kamu di akun Instagram.

Terus Kembangkan Diri Kamu

kembangkan diri
kembangkan diri / freepik.com / wayhomestudio

Self-improvement sangat penting dalam membangun personal branding kamu agar lebih outstanding. Setiap orang memiliki hal-hal yang ingin diubah dan dikembangkan untuk terus menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan tantang diri kamu sendiri untuk terus berkembang dengan menekuni bidang yang kamu pilih, mempelajari hal-hal baru, dan meningkatkan keterampilan diri kamu.

Tentukan tujuan yang ingin kamu capai dan susun strategi untuk mencapainya. Semakin kamu berkembang, semakin besar juga kesempatan kamu untuk mewujudkannya.

Lebih baru Lebih lama