Dear Anak Muda, 5 Kebiasaan Mudah Ini Ternyata Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal Kamu

 Dear Anak Muda, 5 Kebiasaan Mudah Ini Ternyata Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal Kamu

BEGINI.ID - Sebagai salah satu organ tubuh yang penting, ginjal harus selalu dijaga kesehatannya, Beauties. Bagi tubuh, ginjal adalah organ pembersih darah sekaligus dapat mengatur keseimbangan cairan. Agar kondisinya tetap sehat, penting untuk melakukan berbagai cara untuk melindungi dan juga mencegah risiko munculnya penyakit ginjal.

Nah buat kamu yang masih muda, melindungi kesehatan organ ginjal bisa dimulai dari sekarang. Ada berbagai cara yang bissa dilakukan untuk membantu kondisi ginjal tetap sehat. Simak uraiannya lewat artikel berikut, ya!

Penuhi Asupan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan untuk menjaga kesehatan ginjal.
Sederet cara menjaga kesehatan ginjal bagi anak muda/freepik/svetlanasokolova

Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang berkaitan erat dengan cairan, Beauties. Ini karena fungsi ginjal yang membantu tubuh menyaring dan membuang zat sisa yang tak diperlukan. Untuk itu penting bagi kamu agar selalu memperhatikan asupan cairan tubuh.

Seperti dilansir dari Healthline, meminum 8 gelas sehari terdengar klise tapi justru penting untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Cara ini dilakukan agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga bisa membantu ginjal tetap dalam kondisi yang sehat.


Tetap Aktif Bergerak

Tetap aktif bergerak untuk menjaga kesehatan ginjal.
Sederet cara menjaga kesehatan ginjal bagi anak muda/freepik/maryamarkevich

Tak hanya konsumsi air putih yang cukup, kamu juga disarankan untuk tetap aktif bergerak. Olahraga dengan teratur membantu meningkatkan kesehatan jantung dan juga menyeimbangkan tekanan darah, lho. Dua hal ini pun berkaitan erat dengan pencegahan kerusakan pada ginjal. 

Lakukan olahraga yang sesuai minat dan kemampuan, Beauties. Seperti berlari, bersepeda, atau sekadar berjalan-jalan. Pilih olahraga yang paling disukai dan lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hindari Merokok

Menghindari merokok agar kesehatan ginjal terjaga.
Sederet cara menjaga kesehatan ginjal bagi anak muda/freepik/nensuria

Menghindari kebiasaan buruk merokok ternyata dapat berpengaruh pada terjaganya kesehatan organ tubuh kamu, Beauties. Salah satunya adalah ginjal. Masih dikutip dari Healthline, merokok dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah. Hal ini membuat aliran darah terlambat menuju ke ginjal dan seluruh tubuh. 


Pilih Diet Sehat

Pilih diet yang sehat untuk menjaga agar ginjal tetap sehat.
Sederet cara menjaga kesehatan ginjal bagi anak muda/freepik/

Tak jarang seseorang yang mengalami berat badan berlebih cenderung memilih diet ekstrem agar bisa memperoleh proporsi tubuh yang ideal ataupun menghindari timbulnya penyakit tertentu akibat obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas seringkali meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya kondisi ginjal yang buruk.

Dibanding melakukan diet ekstrem dan berbahaya, kamu bisa memilih diet yang sehat. Seperti mengonsumsi makanan rendah sodium hingga mengurangi makanan yang berasal dari daging olahan. Kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan, sayuran, hingga biji-bijian yang rendah sodium. 

Kontrol Gula Darah

Menjaga kesehatan ginjal dengan mengontrol gula darah.
Sederet cara menjaga kesehatan ginjal bagi anak muda/freepik/wayhomestudio

Mengonsumsi makanan yang enak tanpa memperhatikan gula darah pada tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan organ ginjal, Beauties. Terlebih bagi orang dengan tekanan gula darah tinggi hingga diabetes, lebih berisiko mengalami kerusakan ginjal.

Ini terjadi karena sel-sel tubuh tak dapat lagi menggunakan glukosa (gula) dalam darah, sehingga ginjal harus bekerja ekstra untuk dapat menyaring darah di dalam tubuh.

Oleh karena itu penting untuk selalu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat, serta rutin melakukan cek gula darah ke ahli medis untuk dapat melindungi ginjal dalam kondisi tetap sehat. 

Lebih baru Lebih lama