Dari Januari-Desember, Begini Tips Memilih Batu Mulia Sebagai Perhiasan Cincin Sesuai Bulan Kelahiran!

 Dari Januari-Desember, Begini Tips Memilih Batu Mulia Sebagai Perhiasan Cincin Sesuai Bulan Kelahiran!

BEGINI.ID - Tiap orang punya batu mulia yang mewakili bulan-bulan kelahirannya. Batu mulia ini biasa disebut birthstone atau batu kelahiran. Dikutip dari Uncommon Goods, birthstone memiliki makna dan keunikan masing-masing.


Belakangan, birthstone makin populer karena kerap digunakan untuk mempercantik perhiasan, lho, Beauties! Salah satunya adalah cincin. Dilansir dari Gemic, berikut adalah daftar birthstone yang telah dikelompokkan berdasarkan bulan kelahiran yang mereka wakili!

Januari

Batu delima yang identik dengan warna merah
Batu delima yang identik dengan warna merah./ Foto: Pixabay.com/Else Siegel

Buat kamu yang lahir di bulan Januari memiliki batu delima sebagai birthstone-nya. Batu delima memiliki beberapa macam warna, tetapi yang paling terkenal sebagai batu kelahiran bulan Januari adalah yang berwarna merah. Menjadikan batu delima sebagai penghias cincinmu dipercaya dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Februari

Batu kecubung yang berwarna ungu
Batu kecubung yang berwarna ungu./ Foto: Pixabay.com/KAVOWO

Batu kecubung adalah batu kelahiran dari Beauties yang berulang tahun di bulan Februari. Batu kecubung adalah turunan dari batu kuarsa yang berwarna ungu. Mengenakan batu kecubung sebagai mata cincin akan menghilangkan semua penghalang yang mencegahmu merasakan kebahagiaan.

Maret

Akuamarin yang hijau kebiruan
Akuamarin yang hijau kebiruan./ Foto: Pixabay.com/GlassIdeas
Heliotrop yang mendatangkan kesehatan
Heliotrop yang mendatangkan kesehatan./ Foto: Instagram.com/druzygems1

Kamu yang lahir di bulan ini memiliki dua macam batu kelahiran. Yang pertama adalah akuamarin dan yang kedua adalah heliotrop. Akuamarin berwarna seperti lautan yang hijau kebiruan dan melambangkan masa muda yang penuh harapan, sedangkan heliotrop dipercaya dapat mendatangkan kesehatan dan kekuatan bagi pemakainya.

April

Berlian lambang cinta abadi
Berlian lambang cinta abadi./ Foto: Pixabay.com/Dimitris Christou

Bulan April diwakili oleh berlian sebagai batu kelahirannya. Berlian dinobatkan sebagai lambang dari cinta abadi dan dipercaya dapat memberi keberanian kepada pemakainya.

Mei

Zamrud lambang cinta abadi
Zamrud lambang cinta abadi./ Foto: Pixabay.com/thefss

Zamrud adalah batu kelahiran bagi kamu yang dilahirkan pada bulan Mei. Zamrud adalah simbol dari kelahiran kembali, kesuburan, serta kasih sayang. Zamrud juga dikabarkan dapat memberi keberuntungan kepada pemiliknya.

Juni

Mutiara lambang kesempurnaan
Mutiara lambang kesempurnaan./ Foto: Pixabay.com/Ina Hoekstra
Alexandrite lambang keberuntungan & kasih sayang
Alexandrite lambang keberuntungan & kasih sayang./ Foto: Instagram.com/michellealdag
Lambang harapan & berkah melimpah
Lambang harapan & berkah melimpah./ Foto: Pixabay.com/ leviticusjewelry

Juni diwakili oleh tiga batu kelahiran, antara lain mutiara, alexandrite, dan biduri bulan. Masing-masing melambangkan kesempurnaan dan umur yang panjang; keberuntungan dan kasih sayang; serta harapan dan berkah yang melimpah.

Juli

Rubi yang merah keunguan
Rubi yang merah keunguan./ Foto: Pexels.com/cottonbro

Rubi adalah batu kelahiran yang mewakili bulan Juli. Rubi berwarna merah dengan sedikit semburat warna ungu dan berfungsi sebagai tameng yang bisa membawa kebahagiaan bagi pemakainya. Kalau para cowok ingin memberikan kado spesial bagi kekasihnya yang lahir di bulan Juli, kalian bisa menghadiahkan cincin bermata rubi ini.

Agustus

Peridot yang hijau
Peridot yang hijau./ Foto: Instagram.com/jewelzbyjewelia
Spinel yang sewarna mawar
Spinel yang sewarna mawar./ Foto: Instagram.com/betsybarron

Agustus memiliki dua macam batu kelahiran, peridot yang berwarna hijau dan spinel yang merah bak mawar. Peridot dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi dari rasa takut dan mimpi buruk, sedangkan spinel dapat meningkatkan stamina dan energi fisik.

September

Safir yang berwarna biru
Safir yang berwarna biru./ Foto: Unsplash.com/engin akyurt

September diwakili oleh safir sebagai batu kelahirannya. Umumnya, safir berwarna biru dan dipercaya dapat memberikan perlindungan atas gangguan siapa pun yang berniat jahat. Bahkan ada sebuah mitos bahwa ular berbisa akan mati jika ditempatkan dalam wadah atau bejana yang dibuat dari safir.

Oktober

Turmalin yang membawa kesembuhan
Turmalin yang membawa kesembuhan./ Foto: Unsplash.com/Sabrinna Ringquist
Opal lambang cinta yang menggebu
Opal lambang cinta yang menggebu./ Foto: Instagram.com/prettyantiqueringsandthing

Turmalin dan opal adalah batu kelahiran yang mewakili bulan Oktober. Turmalin diyakini dapat membawa kesembuhan jika dipakai oleh para shaman atau ahli pengobatan, sedangkan opal diasosiasikan dengan cinta yang menggebu-gebu.

November

Topaz lambang cinta & kasih sayang
Topaz lambang cinta & kasih sayang./ Foto: Instagram.com/williamwhitejewelry
Sitrin yang cantik dan cemerlang
Sitrin yang cantik dan cemerlang./ Foto: Instagram.com/santostones

November juga diwakili dengan dua batu kelahiran, yaitu topaz dan sitrin. Topaz adalah lambang cinta dan kasih sayang, sedangkan sitrin disukai karena kecantikan dan kecermelangannya. Keduanya akan menjadi pelengkap yang manis bagi perhiasanmu, Beauties!

Desember

Tanzanite lambang kebijaksanaan
Tanzanite lambang kebijaksanaan./ Foto: Instagram.com/jemaboutgems
Pirus lambang kekayaan
Pirus lambang kekayaan./ Foto: Pixabay.com/pasja1000-Photos
Zirkon tameng dari hal buruk
Zirkon tameng dari hal buruk./ Foto: Instagram.com/mjjewellers

Seperti halnya batu kelahiran pada bulan Juni, bulan Desember juga diwakili oleh tiga macam batu kelahiran, yakni tanzanit, pirus, dan zirkon. Tanzanit melambangkan kebijaksanaan, pirus menyimbolkan kekayaan, dan zirkon yang melindungi pemakainya dari hal-hal buruk. Ketiganya sempurna sebagai penghias cincin yang melingkar di jemarimu, Beauties!

Lebih baru Lebih lama