6 Negara yang Memiliki IQ Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya?

 6 Negara yang Memiliki IQ Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor Berapa Ya?

BEGINI.ID - Intellegent Quotient (IQ) sering digunakan untuk mengukur kecerdasan seseorang. Nah, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan untuk menyusun daftar negara dengan IQ tinggi. Mengutip laman World Population Review, terdapat sebuah peta dunia yang telah diberi warna untuk mewakili negara-negara dengan tingkat IQ yang berbeda pada tahun 2021.

Warna peta dari berbagai negara di dunia
Skor IQ dari berbagai negara di dunia/ Foto: World Population Review/ World Population Review

Warna ungu yang gelap menandakan bahwa negara tersebut memiliki skor IQ rata-rata lebih rendah, sedangkan negara yang memiliki warna merah hingga oranye menandakan bahwa mereka memiliki skor IQ dengan rata-rata lebih tinggi.

Penelitian ini diselesaikan oleh profesor asal Inggris bernama Rychard Lynn sejak 2006 lalu dengan mengukur IQ warga di 80 negara. Dari penelitian tersebut didapat hasil negara-negara yang masuk 10 besar, tetapi kali ini hanya akan dijelaskan 6 negara yang memiliki IQ tinggi. penasaran? Berikut ini daftarnya.


Singapura

Singapura menjadi negara yang miliki IQ tinggi
Singapura menjadi negara yang miliki IQ tinggi/ Foto: Pexels/ Kin Pastor

Singapura menjadi negara satu-satunya di Asia Tenggara yang masuk 10 besar bahkan berada di urutan teratas sebagai negara yang memiliki IQ tertinggi, tingkat IQ rata-rata negara tersebut yakni mencapai 108.

Saat ini Singapura memiliki populasi warga sebanyak 5,91 juta jiwa dengan luas wilayah sebesar 721,5 kilo meter persegi. Meski memiliki luas wilayah yang cukup kecil, mereka menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah Singapura pun sangat bekerja keras menjadikan sumber daya manusianya sebagai aset.


Hong Kong

Hong Kong berada di urutan kedua dengan IQ tinggi
Hongkong berada di urutan kedua dengan IQ tinggi/ Foto: Pexels/ Ben Cheung

Di urutan kedua ditempati oleh Hong Kong sebagai negara dengan IQ tertinggi di dunia, skor rerata mencapai 108. Berdasarkan data pada 2021, Hong Kong memiliki populasi warga sebanyak 7,5 juta jiwa. Pemerintah  Hong Kong memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak hingga usia 9 dan 15 tahun.

Korea Selatan

Korea Selatan negara yang miliki IQ tinggi
Korea Selatan negara yang miliki IQ tinggi/ Foto: Pexels/ Aleksandar Pasaric

Negara yang terkenal dengan K-Pop dan K-Drama ini menempati urutan ketiga dengan IQ tertinggi yang berhasil mencapai skor IQ sebesar 106. Korea Selatan memiliki populasi hingga 51,3 juta jiwa, kecerdasan warga negeri gingseng ini diperoleh karena mereka memiliki sistem pendidikan serta edukasi yang ketat, para siswa di sana bisa menghabiskan waktu untuk belajar hingga 14 jam dalam sehari.

China

China masuk 5 besar sebagai negara dengan IQ tinggi
China masuk 5 besar sebagai negara dengan IQ tinggi/ Foto: Pexels/ Manuel Joseph

China menjadi salah satu yang memiliki populasi warga terbanyak yakni 1,4 miliar jiwa. Dengan warga yang banyak, China berhasil menempati urutan keempat sebagai negara yang mempunyai IQ tertinggi di dunia dengan skor mencapai 105. Kecerdasan yang dimiliki warganya, tak heran China bisa menjadi salah satu penguasa ekonomi dunia.


Jepang

Kecerdasan Jepang berada di urutan 5
Kecerdasan Jepang berada di urutan 5/ foto: Pexels/ Yuri Yuhara

Kecerdasan negara ini memang tidak diragukan lagi, Jepang memiliki skor IQ mencapai 105. Kecerdasan Jepang bisa dilihat di bidang teknologi yang selalu memberikan inovasi-inovasi memukau, berbagai macam robot dibuat dengan beragam fungsi, mulai dari robot pelayan restoran hingga menciptakan robot yang sangat mirip dengan manusia.

Taiwan

Urutan 6 sebagai negara dengan iq tinggi ditempati Taiwan
Urutan 6 sebagai negara dengan IQ tinggi ditempati Taiwan/ Foto: Pexels/ Michael Spadoni

Taiwan memiliki skor IQ mencapai 104 dan menjadikannya berada di urutan keenam sebagai negara dengan IQ tertinggi. Saat ini, Taiwan telah dihuni oleh 23,8 juta jiwa. Meski memiliki luas wilayah yang relatif kecil, tetapi Taiwan masuk ke dalam kategori negara yang maju.

Nah, itulah 6 negara yang menduduki peringkat atas dengan IQ tertinggi di dunia. Lalu Indonesia berada di urutan berapa? Berdasarkan laman tersebut, Indonesia menempati urutan ke-73 dengan skor IQ rata-rata 87, beriringan dengan negara Myanmar, Iraq, Uzbekistan, Bolivia, Azerbaijan, Tajikistan, Turkmenistan, Guyana, dan Nauru.

Lebih baru Lebih lama