5 Kebisaan Sebelum Tidur yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

 5 Kebisaan Sebelum Tidur yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

BEGINI.ID - Beauties, apakah kamu satu di antara sekian banyak orang yang memiliki keinginan menurunkan berat badan? Jika ya, kamu tentu tidak asing lagi dengan berbagai macam struggle yang sering dihadapi untuk mewujudkan keinginan tersebut. Salah satunya adalah tentang kekonsistenan.

Tentunya yang kerap kali datang banyak godaan disela-sela usaha menurunkan berat badan. Untuk itu, perlu dilakukan strategi khusus. Salah satunya menghadirkan kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dirangkum dari Brightside.me, ternyata salah satu kebiasaan yang dapat membantu menurunkan berat badan bisa dilakukan sebelum tidur. Lantas, apa saja kebiasaan sebelum tidur yang bisa membantu menurunkan berat badan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidur di Suhu Kamar yang Dingin

Ilustrasi tidur di suhu kamar yang dingin/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi tidur di suhu kamar yang dingin/ Foto: Freepik.com

Tahukah kamu Beauties, sebagaimana dikutip dari Brightside.me, para ahli merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar tidur sekitar 18 derajat Celcius di malam hari untuk bantu meningkatkan metabolisme. Sebagaimana yang diketahui, kelancaran metabolisme menjadi salah satu hal yang mendukung untuk penurunan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih dingin mengaktifkan sel-sel lemak yang bertanggung jawab untuk termoregulasi. Oleh karena itulah, ketika tidur di ruangan yang dingin, tubuh akan mulai membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas.

Salah satu sumber energi tersebut bisa berasal dari lemak. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Beauties bisa mengondisikan suhu kamar sesuai rekomendasi para ahli ini ya.


2. Meminum Jus Anggur

Meminum jus anggur/ Foto: Freepik.com
Meminum jus anggur/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan selanjutnya adalah meminum jus anggur. Meminum jus anggur dapat membantu membakar kalori. Hal ini dikarenakan Anggur mengandung zat khusus yang disebut resveratrol.

Meminum secangkir jus anggur sebelum tidur ini bisa membantu untuk membuang kelebihan lemak yang ada pada tubuh. Meski demikian, perhatikanlah kesegaran buah anggur yang akan digunakan. Pilihlah jus segar untuk menghindari asupan gula yang berlebihan.

3. Tidur Teratur

Tidur teratur/ Foto: Freepik.com
Tidur teratur/ Foto: Freepik.com

Meskipun terkadang sering disepelekan, tidur merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada kehidupan, lho. Salah satunya kaitannya bisa ditemukan pada penambahan berat badan. Penelitian menunjukkan tidur yang tidak diatur terkait dengan penambahan berat badan yang berlebihan.

Mengapa demikian? Karena Hal ini terkait dengan hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk memberitahu kapan seseorang harus tidur. Hormon ini juga membantu mengaktifkan sel-sel lemak yang akan membantu membakar kalori.

Apabila tidur tidak teratur, maka produksi hormon melatonin bisa terganggu dan pada akhirnya kualitas tidur juga demikian. Apabila ingin menghindari hal ini, maka aturlah jadwal tidur dan bangun sebaik mungkin. Pastikan bahwa kamu memiliki tidur yang cukup, Beauties.

4. Menjauhkan Gadget

Ilustrasi sebaiknya jauhkan gadget sebelum tidur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi sebaiknya jauhkan gadget sebelum tidur/ Foto: Freepik.com

Di era digital saat ini, tentu bukan rahasia lagi jika gadget selalu digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan, tidak sedikit pula yang menggunakannya saat akan tidur atau beristirahat. Namun apabila kamu memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, maka mulai dari sekarang cobalah untuk lebih bijak menggunakan gadget.

Terutama di malam hari menjelang tidur. Cahaya dari gadget bisa menjadi salah satu penyebab tidur tidak nyenyak. Hal ini dikarenakan sinar biru gadget bisa menunda produksi melatonin. Alhasil, akan Butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan pada akhirnya saat bangun tubuh terasa lelah. Adapun langkah yang disarankan adalah menghindari gadget 2 jam sebelum tidur.


5. Memakan Camilan Berprotein

Ilustrasi memakan yoghurt/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memakan yoghurt/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan yang satu ini juga disarankan apabila ingin menurunkan berat badan. Tidak ada yang salah dengan ngemil sebelum tidur, asalkan melakukannya dengan benar. Makna dari kata benar disini adalah harus bijak memilih jenis camilan yang akan dimakan.

Adapun beberapa jenis camilan kaya protein yang disarankan yaitu keju cottage rendah lemak, yoghurt Yunani dan selai kacang. Makanan makanan ini bisa membantu meningkatkan metabolisme.

Lebih baru Lebih lama