4 Jenis Saus Lezat Ini Sumbang Tinggi Kalori, Pantas Aja Perut Buncit Nggak Kempes!

 4 Jenis Saus Lezat Ini Sumbang Tinggi Kalori, Pantas Aja Perut Buncit Nggak Kempes!

BEGINI.ID - Perut buncit menjadi salah satu masalah yang sering kali membuat kita mendadak nggak percaya diri. Demi merubahnya pun, berbagai metode diet tak jarang kita lakukan.

Ada dari mereka yang semakin sibuk dengan makanan rebusan dan panggang yang diharapkan banyak memangkas kalori dari penggunaan minyak goreng. Namun sayangnya, ada satu hal yang sering menjadi kelalaian, yaitu penggunaan penambah rasa seperti saus.

Walau hanya saus, ternyata makanan ini jadi salah satu penyebab perut buncit susah dihilangkan. Wah... kenapa bisa? Simak informasi lengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Saus Cabai

Saus CabaiSaus Cabai/ Foto: Freepik.com

Saus cabai menjadi salah satu saus favorit banyak orang. Penggunaannya tidak hanya di Indonesia saja, tapi berbagai belahan dunia pun banyak menggunakannya. 

Walau hanya saus penambah rasa, ternyata saus cabai memiliki kalori yang cukup tinggi. Untuk satu sendoknya, sekitar 15 ml sudah memakan 20 kal. Terkesan sedikit, tapi banyak dari mereka yang tidak cukup jika hanya menggunakannya satu sendok saja. 

Bagaimana jika dihitung dengan 5 sendok saus? Sudah memakan 100 kal kan? Wah... sederhana tapi tinggi kalori deh!

2. Saus Tomat

Saus TomatSaus Tomat/ Foto: Freepik.com

Ada saus cabai, ada juga saus tomat. Layaknya paket lengkap, ternyata saus tomat juga memiliki tinggi kalori.

Per 17 ml-nya ternyata mengandung sekitar 20 kal. Hanya berbeda sedikit dengan saus cabai memang. Namun penambahan yang kelewat batas dapat menyumbang angka kalori yang besar. 

Untuk dijadikan cocolan kentang goreng atau saus pelengkap ayam kentucky memang enak, tapi pastikan tidak berlebihan ya!

3. Kecap Manis

Saus KecapSaus Kecap/ Foto: Freepik.com/stockking

Kecap manis menjadi salah satu saus dan bumbu dapur yang banyak digunakan. Kita dapat menemukan penambahannya dalam sate, nasi goreng, telur ceplok kecap, ayam kecap, daging kecap, dan sebagainya.

Tepi ternyata, dalam satu sendok makan yang berisikan 15 ml, dapat mengandung 50 kal. Lebih dari 2 kali lipat dari penggunaan saus cabai dan saus tomat ya, Beauties!

Apalagi jika digunakan untuk masakan, terkadang tidak dihitung berapa takaran yang dimasukkan. Hal inilah yang menjadi penyebab saus penambah rasa ini bisa sebabkan kalori tinggi. 


4. Mayonaise

mayonaiseMayonaise/ Foto: Freepik.com

Saus lezat terakhir yang memiliki kalori tinggi adalah mayonaise. Terbuat dari telur dan minyak nabati membuat penambah rasa yang satu ini tidak hanya memiliki tinggi kalori, tapi juga tinggi akan lemak. 

Untuk satu sendok makannya sendiri, mengandung sekitar 57 kalori. Sedangkan untuk 100 gramnya, mengandung 390 kalori. Waduh... padahal enak ya jika menjadi saus pelengkap berbagai macam gorengan atau salad.

Beauties, itu dia 5 jenis saus lezat, namun tinggi kalori. Sebenarnya tidak masalah saja jika kamu memang ingin memberikan penambahan saus pada makanan dietmu. Namun, pastikan tidak kelebihan ya karena dapat membuat diet gagal total dan perut buncit jadi gagal kempes seperti yang diinginkan.

Hitunglah takaran penggunaan saus dan kalorinya juga, hal ini berguna agar kamu bisa mengontrol dan mengetahui berapa kalori masuk total lewat makanan beserta saus tersebut.

Lebih baru Lebih lama