2 Negara yang Bisa Pakai Rupiah untuk Transaksi, Jadi Makin Kangen Liburan!

 2 Negara yang Bisa Pakai Rupiah untuk Transaksi, Jadi Makin Kangen Liburan!

BEGINI.ID - Beberapa hari sebelum pergi ke luar negeri, sudah jadi hal umum bagi kita menukarkan sejumlah uang tertentu ke mata uang negara tujuan.

Kamu mungkin jadi sempat membandingkan dulu harga jual beli nilai tukar rupiah paling murah di beberapa tempat. Ini hal yang wajar banget, kok!

Menariknya, ada dua negara yang bakal bisa pakai rupiah sebagai alat transaksi. Wah kok bisa, ya?

Dua Negara yang Bisa Transaksi Pakai Rupiah


Negara ThailandNegara Thailand/ Foto: Shinta Angriyana/detikTravel

Mengutip dari detikFinance, warga Indonesia bisa pakai rupiah di beberapa negara, seperti Thailand juga Malaysia. Pasalnya, Indonesia sudah punya QR Indonesia Standard (QRIS) yang membuat pemilik mobile banking serta e-wallet bisa melakukannya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, dengan QRIS cross border, jadi memungkinkan negara mitra bisa terima pembayaran dari aplikasi e-wallet di Indonesia, Beauties.

"Pada tahap ini, pengguna dari Indonesia sekarang dapat menggunakan aplikasi pembayaran seluler mereka untuk memindai Kode QR Thailand, untuk melakukan pembayaran ke merchant di seluruh Thailand," ujar Perry.


Mengenal Local Currency Settlement (LCS)

Bayar Kir Pakai QRIS di BrebesIlustrasi pakai QRIS/ Foto: (Imam Suripto/detikcom)

Ini karena Indonesia dan dua negara tersebut telah bekerja sama untuk penggunaan mata uang lokal, atau disebut juga local currency settlement (LCS).

Nggak cuma berguna sebagai transaksi semisal kamu mau makan dan berbelanja, tetapi juga bisa dipakai buat investasi, dividen, juga remitansi yang berhubungan dengan tenaga kerja asing.

Masih dikutip dari detikFinance, Indonesia memang diketahui sudah bekerja sama dengan beberapa negara. Antara lain ada Malaysia, Thailand, China dan Jepang. Proyek ini dapat terselenggara karena kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dari kedua negara, serta di bawah pengawasan bersama BI dan BOT.

Termasuk Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Asosiasi Bankir Thailand, 13 penyedia QRIS, RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto) - empat operator switching dari Indonesia, National ITMX (NITMX) - operator sistem pembayaran dari Thailand, serta bank ACCD, termasuk Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dari Indonesia, dan Bangkok Bank (BBL), Bank Ayudhya (Krungsri), dan CIMB Thai Bank (CIMBT) dari Thailand.

Lebih baru Lebih lama