Mengenal Crab Mentality: Kalau Aku Gagal, Maka Orang Lain Nggak Boleh Berhasil

 Mengenal Crab Mentality: Kalau Aku Gagal, Maka Orang Lain Nggak Boleh Berhasil

BEGINI.ID - Ada beberapa orang yang tidak begitu suka menyaksikan orang lain berhasil, bila dirinya tengah gagal.

Bukan cuma nggak suka, tapi ia cenderung menghalangi orang lain untuk berhasil. Kondisi inilah yang dinamakan crab mentality atau mentalitas kepiting.

Kenapa Disebut Crab Mentality?

Mudah Cemburu dengan Teman yang LainTidak suka melihat teman lain lebih berhasil, tanda crab mentality. / Foto: Freepik.com

Isitlah ini punya analogi seperti sifat kepiting ketika lagi sesak di dalam sebuah ember, maka kalau ada kepiting lain yang berhasil naik untuk keluar dari ember, maka kepiting lainnya akan menarik agar ia yang hampir keluar akhirnya masuk ke dalam ember lagi.

Coba sekarang kamu refeksikan deh. Keadaan tersebut mirip dengan bentuk sebuah solidaritas tapi tentu bukan mengarah ke yang baik, sebab tak ingin orang lain maju atau sukses. Demikian seperti dirangkum dari laman Psychology Today.


Contoh Crab Mentality

Sahabat Sejati/freepik.comIlustrasi mesti sama-sama ikut bersenang-senang. /Foto: freepik.com

Bila dicontohkan yakni ketika temanmu mengajak untuk bolos kelas supaya ia tidak membolos sendirian atas nama solidaritas. Bisa juga perilaku mengkritik, memanipulasi, juga meremehkan orang lain dengan tujuan agar ia tidak perform di kantor.

Usaha-usaha tersebut pada akhirnya mencoba orang itu agar berada di level yang sama, Beauties, alias 'kalau saya gagal maka kamu tak boleh berhasil.'


Penyebab Munculnya Crab Mentality

Ada beberapa faktor kenapa seseorang punya mentalitas ini. DI antaranya bisa karena ketergantungan dalam hidup berkelompok. Terlebih bila satu anggota itu merupakan orang yang cukup berpengaruh, sehingga kelompok berpotensi 'pincang' dan sulit berkembang bila satu orang itu pergi.

Bisa juga karena faktor harga diri rendah, sifat kompetitif meski ini merupakan persaingan yang tidak sehat, juga sifat cemburu dan dendam.

Cara Mengatasinya

Bila kamu merasa ada di sekitaran orang-orang yang akan menahanmu untuk maju, maka kamu bisa untuk tetap gigih dan percaya diri, Beauties.

Terus kembangkan kemampuan diri yang kamu punya. Meski sulit, namun kamu bisa mengurangi intensitas pada kelompok orang yang punya sikap mentalitas ini.

Pasalnya dampaknya pada diri kamu adalah kamu berisiko jadi menurunkan rasa percaya diri sehingga malah bisa hambat kesuksesanmu lho, Beauties..

Tetap semangat dan bila sudah sampai mengganggu kondisi mentalmu, segera cari bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater.

Lebih baru Lebih lama