Ini Dia Deretan Minuman Favorit Non-Alkhohol di Korea yang Layak Kamu Coba

 Ini Dia Deretan Minuman Favorit Non-Alkhohol di Korea yang Layak Kamu Coba

BEGINI.ID - Apakah kamu mengenal istilah Hallyu Wave atau gelombang Korea? Gelombang Korea adalah istilah untuk menggambarkan budaya pop Korea yang menyebar secara global di berbagai negara di dunia sejak tahun 1990-an. Penyebaran budaya Korea ini tidak hanya terbatas pada K-Pop dan drama Korea, melainkan juga pada aspek kuliner.

Di Indonesia sendiri, mulai bermunculan berbagai restoran atau kafe yang mengusung kuliner Korea. Bahkan ada beberapa street food Korea yang dijual di Indonesia, seperti TteokbokkiOdengBungeoppangGimbab, dan lain sebagainya.

Selain makanan, minuman Korea juga banyak bertebaran baik di online shop ataupun offline shop. Berikut beautynesia telah merangkum 5 minuman favorit non-alkhohol di Korea yang layak kamu coba.

Dalgona

Dalgona
Dalgona/pinterest.com/rawpixel.com

Dikutip dari tasteatlas, dalgona adalah kopi kocok berbusa yang disajikan di atas susu. Bahan pembuatan kopi dalgona sama dengan kopi pada umumnya, yakni kopi instan, gula dan air panas dengan perbandingan sama. Minuman ini sempat populer dan bahkan jadi trending di berbagai media sosial di Indonesia.

Sebenarnya minuman ini berasal dari Rajasthan, India sebagai kopi kocok atau kopi krim. Lalu minuman ini jadi viral di media sosial setelah diperkenalkan oleh aktor Jung Il Woo yang meminumnya di Makau.

Sikhye

Sikhye
Sikhye/pinterest.com/wtable.net

Selanjutnya, sikhye adalah minuman manis non-alkohol yang dibuat dengan bubuk malt barley, gula, nasi, dan kacang pinus. Sikhye termasuk salah satu minuman tradisional Korea yang biasa dikonsumsi selama hari libur Korea, seperti Hari Tahun Baru dan Festival Panen Korea.

Sikhye memiliki rasa yang cukup manis dan khas dari kandungan barley maltSikhye dikenal sebagai minuman yang bagus untuk pencernaan sebab mengandung serat makanan dan antioksidan. Biasanya minuman ini dikonsumsi setelah makan.

Sujeonggwa

Sujeonggwa
Sujeonggwa/pinterest.com/thekitchn.com

Sujeonggwa adalah minuman yang biasanya dihidangkan bersama dengan sikhyeSujeonggwa merupakan minuman tradisional Korea yang terbuat dari kayu manis, air, kesemek kering, dan jahe. Minuman ini efektif untuk membantu gangguan pencernaan atau sakit perut. Oleh sebab itu, minuman ini disajikan setelah makan hidangan besar.


Proses pembuatan sujeonggwa ialah dengan merebus buah kesemek kering, lalu ditambahkan dengan kayu manis dan jahe untuk memberikan aroma manis dan hangat. Selain diminum dalam keadaan hangat, sujeonggwa juga bisa dinikmati saat dingin bersama dengan es batu dan kacang cemara.

Teh Omija

Omija
Omija/pinterest.com/en.m.wikipedia.org

Selain itu, minuman favorit Korea adalah teh omijaOmija adalah buah seperti berry yang dikenal juga dengan schisandra chinensis. Dikutip dari kissmykimchi.com, omija bermakna ‘beri lima rasa’. Hal ini disebabkan teh omija memang memiliki rasa manis, asin, pedas, asam dan pahit.

Selain minuman untuk penyegar, teh omija juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Jadi minuman ini efektif untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Susu Pisang

Susu Pisang
Susu Pisang/pinterest.com/flickr.com

Susu pisang termasuk minuman favorit orang Korea, terutama anak-anak. Selain itu, susu pisang juga termasuk minuman populer yang sering muncul di drama Korea. Rasa susu pisang ini adalah manis, lembut dan agak lengket. Selain susu pisang, produsen juga mengeluarkan berbagai varian susu dengan rasa buah-buahan seperti stroberi dan melon.

Lebih baru Lebih lama