Hai Kamu, Tak Perlu Takut Bermimpi yang Tinggi

 Hai Kamu, Tak Perlu Takut Bermimpi yang Tinggi

BEGINI.ID - Memiliki mimpi yang tinggi, terkadang terasa menakutkan untuk sebagian orang. Ragu akan kemampuan diri hingga takut kecewa dengan ekspektasi diri sendiri terkadang jadi alasan. Walaupun sebenarnya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Untuk kamu yang saat ini masih takut untuk bermimpi, coba lakukan 4 hal ini agar kamu semakin yakin dan percaya diri.

1. Cari Tahu Apa Mimpi Kamu yang Sesungguhnya

Tidak menjadi perempuan yang banyak mengeluhCari tahu mimpimu/ Foto: Freepik/ ArthurHidden

Setiap orang pasti memiliki hal yang menjadi mimpinya. Namun, kesibukan sehari-hari hingga kurangnya dukungan orang sekitar bisa membuat mimpi itu terlupakan. Sebelum melanjutkan langkah, kamu perlu mencari tahu hal apa yang sebenarnya menjadi impianmu.

Terkadang, impian terdalammu bisa sangat berbeda dengan jurusan kuliahmu atau pekerjaanmu saat ini. Kamu perlu bertanya pada diri sendiri:

  • Hal apa yang benar-benar membuatmu merasa bahagia saat mengerjakannya?
  • Hal apa yang membuat kamu langsung tertarik ketika ada seseorang yang mengajakmu bicara tentang hal tersebut?

Jika sudah menemukannya, kamu akan lebih mudah membuat rencana ke depannya.

2. Buatlah Rencana untuk Meraihnya

Rutin menulis jurnal tentang diri sendiri dapat membantu kamu untuk lebih memahami apa yang sebenarnya kamu butuhkan.Membuat rencana/ Foto: Freepik.com

Jika kamu sudah tahu apa mimpimu, masalah terkadang tidak berhenti di situ. Kamu mungkin akan pesimis untuk meraih mimpi tersebut karena terasa terlalu jauh dari dirimu sekarang ini. Beauties, pernahkah kamu dengar istilah ini? Taking baby steps to reach your goals is just as effective as making big changes.

Istilah itu berarti langkah-langkah kecil yang kita lakukan akan sama efektifnya dengan satu langkah besar sekaligus. Jika kamu melihat impianmu terlalu besar, coba pecah menjadi rencana-rencana kecil yang lebih mudah dilakukan.

Misal, jika kamu bermimpi untuk punya butik sendiri, mulailah dengan membuat rencana menabung 1 juta per bulan untuk modal usaha tersebut. Cara ini akan terasa lebih ringan dibanding kamu berencana memiliki modal 50 juta dalam 3 tahun.


3. Yakinkah Diri Kalau Mimpimu Berharga, Bahkan dengan Halangan Besar Sekali pun

wanita yang sedang duduk dan termenung sendirianMeyakinkan diri/ foto: pexels.com/@minan1398

Banyak orang yang akhirnya menyisihkan impiannya karena melihat ada banyak halangan besar di depan mata. Impian tersebut seakan tidak berharga sehingga tidak perlu diperjuangkan. Beauties, kamu perlu meyakinkan diri kalau impianmu adalah hal yang berharga. Anggaplah halangan yang ada di depan merupakan tantangan dan sarana latihan untuk semakin kuat mengejar mimpimu.

4. Sadari Kalau Mungkin Mimpimu Bisa Berbeda

Alasan masih jomblo agar bisa melakukan apapun dengan bebasMenyadari impian/ Foto: Pexels/ Matthias Cooper/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Di masa kecil, kamu mungkin punya impian menjadi dokter. Namun, impian tersebut berubah seiring dengan bertambahnya pengalaman yang membuat minatmu berubah. Berubahnya impian bukan hanya bisa terjadi saat kamu kecil. Ketika kamu sudah dewasa pun, sangat mungkin impianmu berubah, dan hal ini adalah hal yang wajar.

Misalnya, mungkin saat kamu berusaha mengejar impian untuk membuka coffee shop, kamu justru bertemu dengan orang-orang yang sukses berbisnis merchandise.

Jika impianmu berubah, bukan berarti kamu gagal. Setiap orang punya proses yang berbeda dalam hidupnya. Asal kamu senang saat mengerjakannya, teruslah kejar mimpi tersebut.

Tidak peduli apa pun impianmu, kamu layak untuk mengejarnya. Jangan biarkan rasa takut akan kegagalan, penolakan, atau kekecewaan lebih besar daripada rasa takut kamu akan penyesalan. Ambil kesempatan yang kamu punya karena kamu layak untuk menjalani kehidupan yang selalu kamu impikan.

Lebih baru Lebih lama