Disakiti Sangat Dalam, Bagaimana Cara Bisa Ikhlas Memaafkan?

 Disakiti Sangat Dalam, Bagaimana Cara Bisa Ikhlas Memaafkan?

BEGINI.ID - Memaafkan orang lain setelah disakiti bukanlah perkara gampang. Selalu ada rasa sakit hati bahkan mungkin rasa dendam yang menguasai hati kamu. Tapi, menyimpan dendam sesungguhnya hanya menyakiti dirimu sendiri. Kamu akan selalu tertahan oleh rasa sakit hati sehingga menghalangi kemampuanmu untuk maju dan menjadi pribadi yang lebih baik. Lalu, bagaimana cara memaafkan orang lain?

Beri Waktu untuk Menenangkan Diri

Berhenti Menyalahkan Diri SendiriMenenangkan diri/ Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Memaafkan orang lain memang hal yang baik. Tapi, hal ini tidak bisa dipaksakan untuk terjadi dengan cepat. Kamu perlu memiliki waktu dengan dirimu sendiri. Menjauhlah dari orang yang menyebabkan luka di hatimu. Dengan menjauh dan menenangkan diri, kamu bisa mengekspresikan kekesalan dan memastikan semua emosi telah tercurahkan sebelum kamu kembali menemuinya.

Memaafkan adalah untuk Dirimu Sendiri

Foto: Jadi Salah Satu Kunci Sukses, Yuk Ciptakan Growth Mindset Melalui Buku Pengembangan Diri Ini/ Pexels.com/andreapiacquadioMemaafkan untuk diri sendiri/ Foto: Pexels.com/andreapiacquadio

Pernah dengar kalimat yang mengatakan kalau memaafkan seseorang sesungguhnya adalah untuk dirimu sendiri? Hal ini memang benar, Beauties. Saat menyimpan kekesalan dan dendam, kita hanya akan menyakiti diri kita sendiri. Kita akan merasa kesal, sedih, hingga marah. Hal ini akan membuat energi kita terkuras sehingga tidak mampu melakukan hal lain.

Maka dari itu, meski tak mudah, tapi selalulah berusaha untuk memaafkan orang lain. Memaafkan adalah satu-satunya cara untuk membuat dirimu tenang dan siap menjalani hari tanpa terbebani dengan perasaan negatif.


Ungkapkan Lewat Tulisan atau Gambar

Menulis target dan rencana di bulan ini | Foto : pixabay/pexelsMenulis / Foto : pixabay

Perasaan yang terpendam terkadang perlu dikeluarkan untuk membuat diri lebih lega. Kamu bisa menuliskan atau menggambarkan semua perasaan kesal yang kamu rasakan paa selembar kertas. Menuliskan atau menggambar perasaan diri adalah cara yang baik untuk membuang emosi dalam hati.

Meditasi

Rutin melakukan meditasi | Foto : freepik/pressfotoRutin melakukan meditasi / Foto : freepik/pressfoto

Terdengar klise, namun meditasi bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan perasaanmu. Carilah waktu dan tempat yang tenang, lalu atur nafas kamu. Dengarkan lagu atau suara alam yang menenangkan. Kuasai pikiran dan hati kamu sehingga tidak hilang kontrol.

Jika meditasi sekali belum bisa menenangkanmu, kamu bisa melakukannya secara rutin untuk membuang perasaan negatif dan menggantinya dengan perasaan positif yang memberimu lebih banyak semangat.

Lebih baru Lebih lama