Benarkah Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? YouTuber Ini Temukan Fakta Menarik!

 Benarkah Kuah Mie Instan Mengandung Lilin? YouTuber Ini Temukan Fakta Menarik!

BEGINI.ID - Mie instan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, selain murah, mudah dikreasikan, makanan yang satu ini pun dikenal begitu praktis untuk dimasak. Sayangnya, banyak beredar kabar miring soal kuah rebusan mie instan yang disebut-sebut mengandung lilin.

Sebagian orang tak mempermasalahkan air rebusan mie untuk selanjutnya disantap bersama mie. Namun sebagian orang lagi memilih mengganti kuah mie dengan air rebusan baru, karena dianggap bekas rebusan mie berbahaya dan tidak sehat.

Ternyata hal ini hanyalah hoax semata. Banyak penelitian dan pernyataan ahli gizi yang membuktikan jika air rebusan mie instan terbukti tidak mengandung lilin dan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan asal dikonsumsi sesuai dengan porsinya.

Penelitian Mie InstanPenelitian Mie Instan/ Foto: YouTube.com/VS EXPERIMENT

Salah seorang YouTuber yang terbiasa meneliti berbagai macam hal menggunakan mikroskop mencoba membuktikan kandungan lilin pada kuah mie instan. Ia mengandalkan sebuah mikroskop canggih dan melihat kandungan dalam kuah mie instan dengan melakukan pembesaran objek hingga 1000 kali.

Berikut fakta dan penjelasan ahli soal mie instan yang tidak mengandung lilin tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini, Beauties!

1. Dilihat Lewat Mikroskop

Penelitian Mie InstanPenelitian Mie Instan/ Foto: YouTube.com/VS EXPERIMENT

Dalam video yang diunggah pada Sabtu, 17 Juli 2021 lalu, seorang YouTuber dari kanal VS EXPERIMENT, mencoba membandingkan dua sampel kuah rebusan mie instan dari dua merek yang terkenal, yaitu Indomie dan Mie Sedap. Varian mie yang dipilih adalah mie instan goreng.

Ketika dilihat lewat mikroskop, kuah dari merek Mie Sedap mengandung buih yang cukup banyak. Buih ini tersebar hampir di seluruh bagian kuah. Sementara untuk merek Indomie, buih yang dihasilkan jauh lebih sedikit.


Penelitian Mie InstanPenelitian Mie Instan/ Foto: YouTube.com/VS EXPERIMENT

Tak ada pergerakan siginifikan yang bisa dilihat dari dua sampel kuah mie instan ini. Ketika dilakukan zoom hingga 1000 kali, barulah terlihat molekul kecil yang terlihat bergerak dan berpindah-pindah. Tapi ternyata, ini bukanlah zat lilin atau bakteri berbahaya.

"Ini semua bukan lilin seperti banyak kabar hoax, bukan juga bakteri atau kuman. Pergerakan partikel ini namanya Brownian Motion dalam fisika, penelitiannya dalam pembuktian keberadaan atom dan molekul," ujar pemilik channel VS EXPERIMENT.

2. Kuah Mie Instan Mengandung Lemak Nabati

Penelitian Mie InstanPenelitian Mie Instan/ Foto: YouTube.com/VS EXPERIMENT

Dalam percobaan ini pun ditemukan adanya partikel lemak dari tepung terigu yang masuk dalam kategori lemak nabati. Dalam kesimpulannya, air rebusan mie instan aman dikonsumsi karena tidak mengandung lilin sama sekali,

"Tentu saja air rebusan mie instan aman dikonsumsi karena ini adalah lemak nabati yang baik bagi tubuh dan bukan lilin ya," ungkapnya.

Lebih baru Lebih lama