7 Aplikasi Self Care Berikut Bisa Kamu Unduh dari Smartphone! Cara Mudah Menjaga Mental Health

 7 Aplikasi Self Care Berikut Bisa Kamu Unduh dari Smartphone! Cara Mudah Menjaga Mental Health

BEGINI.ID - Meluangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri itu sangat diperlukan. Pasalnya tingkat kesehatan mental masyarakat Indonesia saat ini meningkat seiring dengan adanya pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir. Banyak orang merasa cemas, ketakutan hingga depresi. 

Untuk mencegah atau menguranginya tentu saja kita harus mengisi hari dengan kegiatan yang positif. Namun perlu diimbangi juga dengan kegiatan self care atau merawat diri sendiri. Dari mulai kesehatan, kecantikan, bahkan berbagai cara untuk mencintai diri sendiri termasuk ke dalam self care. Jika kamu tetap merasa bahwa kamu butuh bantuan, inilah saatnya untuk mencoba salah satu dari 7 aplikasi mental health yang tersedia secara gratis di smartphone kamu.

Depressed woman
Depressed woman/freepik.com/jcomp

Calm

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memperbaiki mood. Dengan berbagai macam sesi yang berdurasi 5-25 menit, kamu dapat mendengarkan pembahasan soal calming anxietydeep sleep, fokus dan konsentrasi, cara menghentikan kebiasaan buruk, dan banyak lagi.

SAM

Aplikasi bernama SAM ini singkatan dari Self-help Anxiety Management. SAM dirancang untuk mengelola kecemasan penggunanya. Pengguna dapat merekam tingkat kecemasan dan apa pemicunya. Salah satu pilihan untuk mengelola gejala fisik dan mental adalah teknik pernapasan. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk secara anonim berbagi pengalaman mereka dengan pengguna SAM lainnya.


Whats Up?

Aplikasi gratis ini memiliki teknik penggabungan antara CBT (cognitive behavioral therapy) dan terapi komitmen untuk menciptakan strategi mengatasi masalah yang dipersonalisasi terkait depresi, kecemasan, amarah, dan stres. What’s Up? juga memiliki fitur buku harian, di mana Anda bisa merekam setiap pemikiran dan perasaan yang Anda miliki, termasuk juga kemampuan untuk menilai perasaan Anda dari skala 1-10.

Pacifica

Salah satu fitur dari Pacifica adalah Mood Rate, yang memungkinkan kamu memberi skor suasana hati kamu selama seharian termasuk merekam segala perasaan yang kamu alami. Pacifica juga menyediakan teknik-teknik relaksasi dan buku harian yang berguna untuk melepaskan segala beban pikiran dan isi hatimu jika sedang sedih atau bad mood.

Aplikasi mental health
Aplikasi mental health/pexels.com/lizasummer

MoodMission

Aplikasi ini akan memberikanmu berbagai pertanyaan tentang perasaanmu saat ini. Kemudian, dari jawaban tersebut, kamu akan mendapat lima misi atau kegiatan yang perlu kamu lakukan. Beberapa contoh misinya adalah sebagai berikut, seperti ditulis Verywell Mind.

  • Emosi: latihan pernapasan
  • Perilaku: belajar menjahit dan merajut
  • Fisik: push up
  • Pikiran: belajar cara melihat sisi lain dari pikiran negatif

Mood Tools

Aplikasi gratis ini dikembangkan untuk membantu penggunanya mengidentifikasi gejala depresi atau anxiety. Terdapat kuesioner untuk melacak tingkat keparahan suasana hati. Mood Tools juga dilengkapi oleh fitur diary, aktivitas khusus yang bisa kamu lakukan yang didasarkan terapi CBT, dan juga tersedia berbagai video dengan meditasi hingga “kuliah” penyemangat batin dari TED Talks.

Happify

Aplikasi gratis yang mengusung tema mental health ini memiliki beragam saran aktivitas, kuis, dan permainan yang bisa kamu gunakan setiap hari. Tujuan dari aplikasi ini adalah melatih otak dan perasaanmu untuk menghindari pikiran negatif dan meningkatkan kebahagiaan.

Lebih baru Lebih lama