Waspada! Mulai dari Sering Merasa Haus Hingga Tekanan Darah Tinggi, Ini Ciri Tubuh Kebanyakan Garam

 Waspada! Mulai dari Sering Merasa Haus Hingga Tekanan Darah Tinggi, Ini Ciri Tubuh Kebanyakan Garam


BEGINI.ID - Garam merupakan bumbu dapur paling utama yang bisa menambah cita rasa suatu masakan. Selain menambah rasa, garam ternyata memiliki fungsi untuk menggerakkan otot, membantu kinerja saraf otak, dan menyeimbangkan kadar mineral tubuh.

Dalam sehari, orang dewasa butuh asupan 1.500-2.000mg garam. Namun menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Ristekdikti Indonesia, hampir 20% orang dewasa di Indonesia memgonsumsi garam dari jumlah yang dianjurkan. Bila sudah demikian, dampaknya tidak begitu baik bagi kesehatan.

Dilansir dari WebMD, berikut ciri-ciri tubuh kebanyakan garam, apakah kamu kerap mengalaminya?

1. Rasa Tak Nyaman pada Perut

Rasa kembung, mual, dan diare merupakan salah satu ciri bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi garam. Untuk mengurangi efek ini, kamu bisa minum banyak air dan mengevaluasi makanan apa saja yang telah kamu konsumsi dalam beberapa hari terakhir.

2. Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi banyak garam bisa membuat tekanan darahmu menjadi tinggi. Terlalu banyak mengasup makanan tinggi garam membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk membuang air yang diikat oleh garam di dalam tubuh. Sebagai hasilnya, tekanan darah pun menjadi naik.

3. Bengkak di Sejumlah Bagian Tubuh

Bengkak di sejumlah bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, dan pergelangan merupakan salah satu ciri-ciri tubuh kebanyakan garam.

Jika saat bangun tidur kamu merasa wajahmu terasa kencang dan bengkak, coba evaluasi makanan apa saja yang telah kamu konsumsi sehari sebelumnya.

4. Haus Terus Menerus

Ciri-ciri tubuh kebanyakan garam adalah rasa haus teramat sangat dan berlangsung terus menerus. Saat garam terlalu banyak, tubuh akan menarik air yang ada di dalam sel-sel dan hal inilah yang membuatmu merasa sangat haus. 


5. Berat Badan Naik

Jika berat badanmu tiba-tiba naik drastis, bisa jadi kamu terlalu banyak mengonsumsi garam. Hal ini disebabkan karena retensi air atau akumulasi air dalam jaringan tubuh, sebab badan kita tak mampu mengeluarkan zat buang cairan dengan maksimal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan diet rendah garam dan cukup minum air putih.

6. Lemas

Ciri-ciri tubuh kebanyakan garam adalah merasa lemas. Hal ini disebabkan karena air keluar dari sel-sel tubuh untuk mengurangi kadar garam. Sebagai informasi, garam sifatnya adalah mengikat air dalam sel-sel tubuh, sehingga mengeluarkan garam sama saja dengan mengeluarkan air.

Lebih baru Lebih lama