Selamat! 5 Hal Baik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Jarang Menengok Media Sosial Orang Lain

 Selamat! 5 Hal Baik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Jarang Menengok Media Sosial Orang Lain

BEGINI.ID - Apa salah satu hal yang membuat hidup jadi nggak bahagia? Ya benar sekali, kita terlalu melihat dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain sehingga muncul perasaan insecure. Salah satu tempat yang sering membuat kita jadi merasa insecure yaitu, media sosial. Banyak orang melihatkan segala kelebihan yang telah ia raih melalui postingan atau story yang dia buat. 

Bagi kebanyakan orang ini bisa jadi motivasi supaya diri ini bisa lebih giat dan berjuang. Namun ada sebagian yang lain membuatnya jadi merasa rendah diri. Nah untuk mengatasi perasaan tersebut salah satu solusinya yaitu, dengan jarang melihat media sosial orang lain.

Berikut lima dampak baik jarang melihat media sosial orang!

1. Menghindarkanmu dari Perasaan Insecure atau Rendah Diri 

menghindari perasaan insecure
menghindari perasaan insecure/pexels.com/cottonbro

Dampak positif pertama yaitu bisa menghindarkanmu dari perasaan rendah diri. Biasanya kalau kita melihat postingan orang lain di media sosial yang menampilkan pencapaian, prestasi, dan kelebihan yang ia punya tanpa sadar membuat kita merasa insecure. Kita jadi merasa rendah diri dan menganggap diri ini nggak bisa apa-apa. 

Padahal nih apa yang orang lain tampilkan adalah sisi baiknya saja. Kita nggak tahu kan bagaimana perjuangan yang telah ia usahakan dan bagaimana proses di balik layarnya. 

2. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental
Menjaga kesehatan mental/pexels.com/keenan costance

Ngaku aja kalau kita sering melihat media sosial orang kadang muncul perasaan cemas hingga iri bukan? Nah ini yang bisa membuat kesehatan mental kita jadi terganggu. Sebab pikiran kita jadi tertuju oleh postingan orang lain yang menampilkan kelebihannya saja. 

Lebih baik kurangi intensitas kita dalam bermain media sosial. Mulai sekarang fokus saja pada kehidupan pribadi supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga baik. 


3. Membuatmu Lebih Fokus Pada Diri Sendiri 

Portrait of young beautiful asian woman relax face in winter bedroom. Closeup sexy beauty fashion girl healthy makeup facial treatment perfect glow skin. Smile happy asia korean girl feel cold.Membuatmu Lebih Fokus Pada Diri/ Foto: Getty Images/iStockphoto/paulaphoto

Oleh karena itu berusahalah untuk tetap fokus pada hidupmu. Fokus terhadap pencapaian yang ingin kamu raih, terhadap cita-cita, dan keinginan yang lain. Jangan sampai hal yang sepatutnya nggak perlu kita pikirkan menghambat produktivitasmu.

Poin selanjutnya yaitu, bisa membuatmu fokus pada diri sendiri. Kadang kalau kita sering melihat story orang lain, bukan membuat perasaan tenang tapi malah membuat overthinking. Sebab pikiran hanya tertuju pada orang dan postingan yang ia buat. 

4. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain 

Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain /pexels.com/victoria borodinova

Melihat media sosial teman yang memamerkan kecantikan, melihatkan pencapaian ini dan itu, bisa membuat kita jadi merasa insecure. Nah kalau sudah seperti ini, kamu jadi suka membandingkan diri dengannya. Muncul pemikiran "seandainya aku bisa jadi dia", "andaikan aku punya tubuh yang bagus", dan pemikiran negatif yang lain. 

Padahal apa yang ia tampilkan belum tentu sesuai dengan kenyataan yang ada lho! Maka untuk mengurangi perasaan membandingkan diri tersebut, kamu jangan terlalu sering melihat medsos orang lain ya. 

5. Membuat Perasaan Jadi Lebih Tenang  

Membuat Perasaan Jadi Lebih Tenang
Membuat Perasaan Jadi Lebih Tenang/pexels.com/leah kelley

Dampak baik terakhir yaitu, membuat perasaan jadi lebih tenang. Kamu jadi nggak perlu memikirkan postingan yang ia buat dan tidak mengurusi hidup orang, sehingga perasaan kita jadi lebih tenang. 

Bayangkan nih kalau setiap hari kita selalu melihat media sosial, stalking berjam-jam, kita jadi lupa terhadap kehidupan nyata. Alhasil kamu nggak bisa jadi diri sendiri dan hidupmu hanya terobsesi olehnya. 

Itulah beberapa dampak baik jika jarang melihat media sosial orang lain. Namun, melihat medsos orang juga jadi ajang mencari hiburan lho. So, tinggal kitanya saja yang harus pandai memilih dan memilah mana yang dilihat. 

Lebih baru Lebih lama