Rayakan Hari Kemerdekaan, Jelajahi Festival Kemerdekaan Virtual di Rumah Digital Indonesia, Ada Arena Perlombaan Lho!

 Rayakan Hari Kemerdekaan, Jelajahi Festival Kemerdekaan Virtual di Rumah Digital Indonesia, Ada Arena Perlombaan Lho!

BEGINI.ID - Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia, Beauties! Walaupun di rumah saja, kamu bisa turut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan berkunjung ke Rumah Digital Indonesia (RDI) lho!

Karya anak bangsa satu ini memang layak diacungkan jempol. Rumah Digital Indonesia yang berlangsung mulai dari 1 - 31 Agustus 2021 ini merupakan festival kemerdekaan virtual pertama di Indonesia.

Berkolaborasi dengan KEMENDIKBUD, KEMENKOMINFO, KEMENLU, KEMENKOPUKM, dan KEMENPAREKRAF, Putri Tanjung menginisiasi pembuatan situs khusus yang bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia, khusus untuk merayakan hari kemerdekaan di masa pandemi. Terdiri dari 7 ruangan yang bisa kamu eksplorasi, yuk intip seperti apa isinya!

Memasuki Rumah Digital Indonesia/
Memasuki Rumah Digital Indonesia/ Foto: rumahdigitalindonesia.id

Memasuki situs Rumah Digital Indonesia, kamu cuma perlu klik tombol merah “Masuk” dan mengikuti tanda panah dalam lingkaran merah untuk mengunjungi setiap ruangan. Kamu juga bisa daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses lebih banyak, seperti memainkan permainan, menggunakan fitur chat, dan lain-lain.

Untuk melihat keseluruhan tempat, cukup klik tombol “Peta” di bagian bawah layar.

Peta Rumah Digital Indonesia/
Peta Rumah Digital Indonesia/ Foto: rumahdigitalindonesia.id

1. Petualangan Nusantara & Wajah Nusantara

Halaman Petualangan Nusantara dan Wajah Nusantara/
Halaman Petualangan Nusantara dan Wajah Nusantara/ Foto: rumahdigitalindonesia.id

Petualangan Nusantara & Wajah Nusantara mengajak kita untuk mengunjungi berbagai provinsi di seluruh Indonesia yang bisa kita pilih. Kita diajak untuk berpetualang menyusuri destinasi wisata populer, serta mengenal kuliner khas dan tokoh masyarakat dari daerah tersebut.

Setelah berkunjung, dijamin kamu akan mendapat pengetahuan baru tentang nusantara deh, Beauties!

2. Pasar Lokal

Siapa yang gemar berbelanja? Di pasar lokal RDI, kamu bisa mendapatkan banyak macam barang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari kerajinan tangan, makanan dan minuman, busana, aksesoris, dan lainnya. Tentu saja dengan berbelanja di sini, kamu juga mendukung UMKM lokal Indonesia, Beauties. Siap-siap dapatkan barang unik nan etnik dari pasar ini ya!

3. Ruang Seni dan Budaya

Kamu bisa mengapresiasi karya anak bangsa lain dalam Ruang Seni dan Budaya. Di sini, kamu dapat melihat berbagai macam hasil karya dari bidang-bidang seni, mulai dari tari, pentas, musik, dan puisi. Selain kamu akan mengenal keragaman budaya Indonesia, siapatahu kamu akan mendapatkan inspirasi baru setelah berkunjung, Beauties!

4. Ruang Komunitas

Ruang Komunitas menyajikan sebuah pameran foto virtual bertajuk “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Kamu bisa menghadiri lokasi pameran melalui kamera 360. Kamu cukup klik pada foto yang dipajang untuk melihatnya lebih jelas beserta deskripsi foto. Canggih bukan?

5. Ruang Literasi Digital

Bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam Ruang Literasi Digital, kamu akan diajak bersama-sama untuk mempelajari memanfaatkan media digital untuk berbagai hal positif dengan etika dan keamanan. Pengetahuan ini wajib kamu ketahui, apalagi kamu sering menggunakan media sosial, Beauties.

6. Arena Lomba 17-an

Arena Lomba 17-an/
Arena Lomba 17-an/ Foto: rumahdigitalindonesia.id

Tentu saja semangat kemerdekaan terasa belum lengkap tanpa adanya permainan 17-an. Dalam situs RDI, kamu bisa memasuki ruang Arena Lomba 17-an dan menemukan empat perlombaan 17-an, Beauties!

Pastinya permainan yang terdiri dari lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, dan panjat pinang ini akan dilakukan secara online. Eits, 10 orang peraih skor tertinggi bisa mendapatkan hadiah uang tunai lho!

7. Panggung Nasional

Panggung nasional disediakan untuk penampilan live atau siaran ulangan yang sudah terjadwal, termasuk Puncak Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Kamu bisa melihat jadwal siaran pada tombol Jadwal yang sudah tersedia di bawah layar. Pastikan kamu datang tepat waktu untuk menyaksikan keseluruhan acara yang seru ya, Beauties!

Lebih baru Lebih lama