Orang Berusia Senja Ungkap 3 Hal yang Mereka Sesali Tak Lakukan Saat Muda

 Orang Berusia Senja Ungkap 3 Hal yang Mereka Sesali Tak Lakukan Saat Muda

BEGINI.ID - Mungkin kamu tak asing dengan ungkapan soal mumpung masih usia muda. Ya, pasalnya di usia ini bisa dibilang akan ada banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan banyak hal.

Seorang kepala keagamaan yang telah bekerja selama 13 tahun di rumah sakit di Los Angeles, Amerika Serikat, Tenzin Kiyosaki, banyak bertemu dan mendengar cerita dari mereka yang telah berusia senja. Ia pun mengungkap hal-hal yang disesali tak dilakukan oleh para senior itu saat masih sehat dan muda.

Kepada Today, Kiyosaki mengungkap 3 hal yang disesali oleh mereka yang berusia senja kala mereka masih muda dan dikaruniai kesehatan. Berikut rangkuman Beautynesia untuk kamu, Beauties.

1. Tidak Berusaha Mewujudkan Mimpi

Mereka yang telah berusia senja mengaku menyesal karena tak berusaha keras mewujudkan mimpinya
Mereka yang telah berusia senja mengaku menyesal karena tak berusaha keras mewujudkan mimpinya. / Foto: Pexels/Leah Kelley

Salah satu pasien Kiyosaki mengaku sangat ingin berkeliling dunia. Namun pasien tersebut menyesal karena tak pernah berusaha keras untuk mewujudkan mimpinya tersebut di usia muda. Ia pun mengungkap bahwa ketakutan dan rasa khawatir menjadi faktor utama yang menghambat mewujudkan mimpi tersebut. 

Hal ini juga senada diungkap oleh seorang profesor dalam bidang perkembangan manusia dari Cornell University, Karl Pillemer. Dalam mengerjakan studi Legacy Project, ia bertanya kepada ratusan orang berusia lanjut tentang hal apa yang paling disesali selama hidup. 

Dikutip dari Independent, jawaban yang paling sering ia terima adalah rasa khawatir terus menerus. Perasaan khawatir memang diketahui bisa menghambat seseorang untuk mengejar mimpi atau melakukan sesuatu yang besar.


2. Tak Mengungkapkan dan Menunjukkan Rasa Sayang

Tak mengungkapkan rasa sayang kepada orang terkasih menjadi penyesalan mereka yang telah berusia lanjut.
Tak mengungkapkan rasa sayang kepada orang terkasih menjadi penyesalan mereka yang telah berusia lanjut. / Foto: Pexels/Jonathan Borba

Kiyosaki mengungkap bahwa banyak pasiennya yang telah berusia lanjut merasa frustasi karena selama hidupnya tak mengungkapkan rasa sayang kepada yang orang yang ia kasihi. Atas hal ini, Kiyosaki pun mendorong orang-orang untuk tak merasa malu mengucapkan rasa sayang dan mengekspresikan cinta.

3. Tak Memaafkan

Memendam amarah hanya akan menimbulkan beban dan sakit hati.
Memendam amarah hanya akan menimbulkan beban dan sakit hati. / Foto: Pexels/Pixabay.

Dari dua hal di atas, tak memaafkan kesalahan seseorang merupakan hal yang paling banyak disesali oleh mereka yang telah berusia senja. Luka lama dan hal-hal yang belum terselesaikan yang tak pernah dimaafkan hanya akan menambah beban seseorang dan membuatnya tersakiti. 

"Memendam amarah sama seperti menggenggam bara panas dengan niat melemparkannya kepada orang lain, namun diri sendiri lah yang terbakar," ujar Kiyosaki mengutip kata-kata Buddha.

Lebih baru Lebih lama